Rabu, 02 Mei 2018 06:30 WITA

Lihat Kaki Bocah Ini yang Sengaja Dipasang Terbalik

Editor: Fathul Khair Akmal
Lihat Kaki Bocah Ini yang Sengaja Dipasang Terbalik
Amelia Eldred (7) bersama ibunya Michelle pasca melakukan prosedur langka yang disebut rotationplasty.

RAKYATKU.COM - Amelia Eldred (7), penari cilik asal Bermingham Inggris memiliki kaki kiri dalam posisi terbalik akibat tumor yang merusak tulang pahanya.

Ia baru saja melakukan operasi dan tim dokter sengaja memasang kaki kirinya dengan posisi telapak kaki menghadap ke belakang (diputar 180 derajat). Tujuannya agar Amelia dapat beraktivitas seperti anak-anak normal lainnya. Sebelum Amelia genap 7 tahun pada Agustus 2017, ia didiagnosis menderita osteosarcoma. 

Osteosarcoma merupakan jenis kanker tulang yang umum terjadi pada anak-anak. Saat itu, dokter menemukan tumor sepanjang 10 sentimeter yang bersarang di tulang paha Amelia dan membuat tulang kaki kirinya rusak.

Sebelum prosedur operasi dilakukan, Amelia telah menjalani kemoterapi. Sayangnya hal ini tidak membuahkan hasil memuaskan. Dokter memiliki dua pilihan yang diajukan kepada orangtua Amelia. Semua kaki kiri diamputasi atau melakukan prosedur langka yang kompleks. 

loading...

Meski terdengar aneh, dokter menjanjikan pilihan kedua akan membuat Amelia tetap dapat bergerak dan memiliki fungsi kaki lebih baik, dibanding amputasi keseluruhan kaki. Dengan posisi kaki yang dipasang terbalik, Amelia dapat menggunakan pergelangan kakinya sebagai sendi lutut dan memungkinkan tetap bisa berjalan, berlari, bahkan tetap menari. 

"Langsung, itu adalah pilihan terbaik bagi kami," kata ibu Amelia, Michelle Eldred kepada BBC dikutip kompas.com, belum lama ini.

Loading...
Loading...