Selasa, 01 Mei 2018 12:29 WITA

Lewat Batas Waktu, Aksi Hari Buruh di Kota Makassar Bakal Dibubarkan Paksa

Editor: Adil Patawai Anar
Lewat Batas Waktu, Aksi Hari Buruh di Kota Makassar Bakal Dibubarkan Paksa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Aksi unjukrasa ribuan massa dalam memperingati hari buruh (May Day) di Kota Makassar masih terus berlanjut di Fly Over.

Aksi unjuk rasa dilakukan dengan menutup jalan di bawah Fly Over ini mengakibatkan arus kendaraan terhambat.

Terkait aksi unjukrasa peringatan buruh, Polda Sulsel dan jajaran masih melakukan pengawalan dengan ketat. Pihaknya pun berharap pengunjukrasa menyampaikan aksi dengan tertib tanpa anarkis.

"Diharapkan teman-teman kita menyampaikan aspirasi dengan tertib," ungkap Kombes Pol Dicky Sondani, Kabid Humas Polda Sulsel yang ditemui di TKP.

Dalam peringatan hari buru ini, Dicky menyebutkan petugas keamanan dari TNI Polri melakukan pengamanan pada beberapa titik seperti Fly Over, perlintasan Bandara Hasanuddin, Pelabuhan, kawasan Kima dan di Monumen Mandala. Ia pun menyebut, sejauh ini kondisi masih berjalan kondusif.

"Ada sekitar 5 titik yang dijaga oleh pasukan keamanan sebanyak 5.000 personel, 3.000 yang turun lapangan dan 2.000 yang disiapkan untuk membackup," tambah Dicky.

Meski menyebut aksi unjukrasa may day masih berlangsung tertib, Dicky berharap pengunjukrasa melakukan aksi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ia pun berharap massa menghormati aturan. Jika tidak, Dicky mengatakan pasukan keamanan diberikan kewenangan untuk membubarkan paksa.

"Kita memberikan pengamanan secara maksimal, diharapkan berlangsung tidak lewat batas dan tidak ada penyusup yang tunggangi. Sejauh ini masih dalam keadaan aman, belum ada kegiatan yang anarkis, semoga dilakukan sampai pada batas waktu yang ditentukan tetapi kalau tidak kami diberi kewenangan bubarkan jika lewat batas waktu pukul 18:00 wita," pungkasnya.