Jumat, 27 April 2018 16:54 WITA

Disebut Bersandiwara oleh Amien Rais, Begini Jawaban Tegas Zulkifli Hasan

Editor: Abu Asyraf
Disebut Bersandiwara oleh Amien Rais, Begini Jawaban Tegas Zulkifli Hasan
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan

RAKYATKU.COM - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akhirnya merespons pernyataan Amien Rais. Sikap parpol berlambang matahari terbit yang membuka peluang ke Jokowi disebut Amien hanya sandiwara belaka.

Lantas bagaimana tanggapan Zulkifli Hasan? "Tentu Pak Amien itu kan tokoh senior. Orang khusus, ya. Dari dulu seperti itu. Ya ndak apa-apa," ujar Zulkifli kepada wartawan di kompleks DPR-MPR RI, Senayan, Jumat (27/4/2018).

Menurutnya, dia dan Amien Rais memiliki perbedaan cara dalam berpolitik. Makanya, tidak jarang bertolak belakang. Namun Zulkifli memastikan, ia dan Amien memiliki tujuan yang sama. 

Hal itu dipengaruhi posisi Zulkifli Hasan sebagai ketua MPR RI. "Saya masih Ketua MPR, tentu harus merangkul, menjahit merah putih, memperkuat persatuan. Karena Ketua MPR itu punya tanggung jawab untuk menjaga persatuan," kata Zulkifli. 

Mantan Menteri Kehutanan itu tidak ingin persatuan Indonesia terkoyak-koyak hanya gara-gara pesta politik lima tahunan. Menurutnya, sikap PAN yang masih membuka diri terhadap Prabowo, Jokowi, dan figur lain bukan sandiwara belaka. Calon presiden yang akan diusung PAN, katanya, ditentukan melalui rapat kerja nasional (Rakernas).

"Apapun keputusan mekanisme rakernas partai itu tentu akan dipatuhi oleh semua kader. Sebelum itu, bisa saja berbeda-beda. Saya kira itu, jelas, terang, terang benderang, tidak ada persepsi lain, tidak ada terjemahan yang lain," tegasnya.

Sebelumnya, Amien Rais yakin PAN akan bergabung dengan Gerindra dan PKS untuk mengusung Prabowo Subianto. Dia membantah keras saat PAN disebut akan mengusung Jokowi.

Loading...

"No, no, no. Saya lebih tahu dari Pak Zul. Maaf, karena saya mendirikan (PAN), saya keliling ke mana-mana. Umat PAN di bawah itu emoh Jokowi, titik. Pak Zul bermanuver. Itu hanya sandiwara, ya," tegas Amien Rabu (26/4/2018).

Hanya Masukan

Terpisah, Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengatakan, pernyataan Amien Rais soal partainya yang akan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden masih sebatas masukan. 

"Tentu masukan dan pandangan Pak Amien akan menjadi pertimbangan serius dan berharga dalam menentukan arah politik kami di Pilpres 2019," kata Eddy melalui pesan singkat seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (27/4/2018).

Ia menambahkan, semua masukan dari elemen partai terkait penentuan arah dukungan di Pilpres 2019 tentu akan ditampung dan dibahas di Rakernas. Apalagi, kata Eddy, Amien merupakan pendiri PAN. Tentunya, sebagai pendiri PAN saran Amien akan didengar dan dibahas oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Rakernas PAN adalah forum pengambilan keputusan tertinggi setelah Kongres dan di forum tersebut kami akan bermusyawarah dan bermufakat untuk menetapkan sikap politik PAN di tahun 2019," kata dia.

Loading...
Loading...