Kamis, 26 April 2018 06:00 WITA

Sumur Minyak yang Terbakar di Aceh Sudah Tewaskan 18 Warga

Editor: Abu Asyraf
Sumur Minyak yang Terbakar di Aceh Sudah Tewaskan 18 Warga
Sumur minyak yang terbakar di Aceh. (FOTO: ANTARA)

RAKYATKU.COM - Ledakan sumur minyak di Aceh hingga saat ini sudah menewaskan 18 orang. Sumur minyak milik warga tersebut terbakar pada Rabu pagi (24/4/2018).

Juru bicara Badan Mitigasi Bencana Nasional, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sumur minyak di Desa Pasir Putih, di bagian timur provinsi Aceh itu, menyulut kebakaran kira-kira pukul 01:30 pagi. Lima rumah di dekatnya hangus dilalap api.

Sutopo mengatakan sumur sedalam 250 meter itu menyemburkan minyak ketika terbakar. Warga yang berusaha mengambil minyak tersebut, ikut terbakar. Setidaknya 41 orang dilarikan ke rumah sakit.

"Saya terbangun ketika ledakan yang sangat keras mengguncang rumah kami seperti gempa bumi. Semua tetangga kami berlari keluar untuk melihat apa yang terjadi, tetapi satu lagi ledakan keras membuat semua orang berlari kepanikan," cerita Riska Sri Maulidyawati, salah seorang warga seperti dikutip dari VOA Indonesia.

"Saya mendengar orang berteriak kesakitan dan meminta pertolongan. Anak-anak menangis dan perempuan berteriak kepanikan. Itu memang sangat menakutkan saya," lanjutnya.

Provinsi Aceh mempunyai cadangan besar gas alam yang belum disadap dan mempunyai banyak sumur ilegal. Maulidyawati mengatakan banyak orang datang ke desa itu dalam beberapa hari ini untuk mengambil minyak dari sumur yang baru dibor tersebut.