Rabu, 25 April 2018 08:04 WITA

Israel Ancam Serang Suriah Jika Hal Ini Dilakukan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Israel Ancam Serang Suriah Jika Hal Ini Dilakukan
ist

RAKYATKU.COM - Pemerintah Israel mengancam akan melakukan tindakan militer jika Suriah menggunakan sistem pertahanan udara buata Rusia. Ancaman itu disampaikan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Kantor Berita Anadolu, Selasa (24/4/2018), dia berharap sistem itu tidak digunakan terhadap pesawat-pesawat tempur Israel.

"Yang penting bagi kami adalah sistem pertahanan yang diberikan Rusia kepada Suriah tidak akan digunakan untuk melawan kami," kata Lieberman.

"Jika sistem itu digunakan untuk melawan kami, kami akan bertindak melawan mereka," tambah dia.

Sementara itu, surat kabar Kommersant dari Rusia melaporkan, sistem anti-rudal S-300 dari Rusia akan dikerahkan ke Suriah dalam waktu dekat. Laporan ini mengutip sumber militer Rusia yang tidak disebutkan namanya.

"Israel tidak ikut campur dalam urusan internal Suriah, tetapi di sisi lain kami tidak akan membiarkan Iran membanjiri negara itu dengan sistem senjata canggih yang akan ditujukan terhadap Israel," kata Lieberman.

Pada 9 April lalu, dua jet tempur menghantam pangkalan udara "T4" di Provinsi Homs, Suriah, yang menewaskan dua tentara Suriah, lima militan, dan tujuh orang Iran. Rusia dan Iran menyalahkan Israel atas serangan itu.

Israel telah menduduki sebagian besar wilayah Dataran Tinggi Golan di Suriah sejak Perang Timur Tengah sejak 1967.

Tags