Rabu, 25 April 2018 03:30 WITA

Rencana Kim Jong-un Jalan Kaki ke Wilayah Korsel

Editor: Fathul Khair Akmal
Rencana Kim Jong-un Jalan Kaki ke Wilayah Korsel
Kim Jong-Un

RAKYATKU.COM - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un bakal berjalan kaki ke wilayah Korea Selatan untuk bertemu dengan Presiden Moon Jae-in. Pemimpin kedua negara ini, akan bertemu di Zona Demiliterisasi (DMZ).

Pertemuan ini, di tengah wacana perbaikan hubungan yang dimulai sejak pergantian tahun lalu. Kedua pihak akan berhadapan membawa narasi berseberangan dalam pertemuan yang akan digelar Jumat (27/4) ini.

Para petugas keamanan Korsel yang dipilih berdasarkan tinggi badan dan penampilan, lengkap dengan kacamata aviatornya, berdiri tegap di luar pondok warna biru di Area Keamanan Bersama di Panmujom, beberapa meter dari wilayah Korut.

Dikutip CNNIndonesia, desa gencatan senjata itu kerap dikunjungi wisatawan dari kedua negara, dan para presiden Amerika Serikat yang berupaya menunjukkan komitmen mempertahankan Seoul dari tetangganya yang berkekuatan nuklir.

Dan pada Jumat ini, sebagaimana dikabarkan AFP, Kim bakal berjalan kaki melintasi kerikil dan pondok-pondok pedesaan tersebut untuk menemui Kim.

Jika terealisasi, pertemuan itu akan jadi yang ketiga kalinya antara kedua negara, sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 1953 silam. Korut dan Korsel masih berstatus perang, karena perseteruannya berakhir bukan lewat perjanjian damai.

Selain itu, pertemuan tingkat tinggi ini juga akan jadi pertama kalinya digelar di wilayah Korsel, setelah pertemuan di Pyongyang pada 2000 dan 2007 silam. Pertemuan itu digelar di Rumah Damai, bangunan beton dan kaca yang namanya menjadi bahan olokan di Korut.

"Tampaknya mereka sudah mencapai kebebasan dan perdamaian," kata Letnan Kim dari militer Korut. Namun, dia meyalahkan AS atas perpecahan yang terjadi di semenanjung.

"Ini menunjukkan sifat asli Amerika," ujarnya kepada AFP. "Mereka menghalangi perdamaian."

Tags