Minggu, 22 April 2018 06:30 WITA

Warga Palestina Terbangkan Bom dengan Layang-layang ke Israel

Editor: Andi Chaerul Fadli
Warga Palestina Terbangkan Bom dengan Layang-layang ke Israel

RAKYATKU.COM - Orang-orang Palestina mencoba menerbangkan sebuah bom Molotov yang melekat pada layang-layang di perbatasan antara Gaza dan Israel. Kejadian itu berlangsung ketika lebih dari 10.000 orang memprotes di sepanjang pagar pada Jumat ketiga secara berturut-turut.

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (21/4/2018), plot yang berani itu tidak berjalan sesuai rencana karena layang-layang itu dilemparkan ke Gaza sebelum jatuh ke tanah dan meledak. Bom lain diledakkan di dekat penyeberangan Karni, dan mungkin telah menyebabkan korban Palestina.

Demonstran lain membakar bendera Israel besar dan membakar ban. Sementara tentara Israel menembakkan gas air mata dan peluru hidup ke mereka dari seberang pagar perbatasan saat asap tebal memenuhi langit.  

Para pejabat kesehatan Gaza mengatakan 363 orang terluka oleh tembakan Israel atau dirawat karena menghirup gas air mata, tetapi tidak memberikan rincian.

Di antara yang terluka adalah seorang wartawan Gaza yang ditembak di perut, kata para pejabat, membuatnya setidaknya wartawan kedua yang ditembak selama protes sejak 30 Maret.

Militer Israel mengatakan, para pengunjuk rasa melemparkan alat peledak dan beberapa bom api di dekat pagar dalam apa yang dikatakannya sebagai upaya nyata untuk merusak.

Yang lain berusaha memotong pagar untuk melarikan diri ke dalam Israel atau menyerang infrastruktur keamanan sebelum kembali.

Rekaman yang dibagikan oleh militer menunjukkan area pagar yang terdiri dari beberapa lapis gulungan kawat berduri. Para pengunjuk rasa menancapkan bendera Palestina ke pagar dan menempelkan tali, menggunakannya untuk menarik koil. 

Satu orang melemparkan ban terbakar ke pagar, sementara yang lain terlihat berjalan di dekatnya dengan bantuan tongkat penopang.