Minggu, 22 April 2018 00:30 WITA

Video Viral di Youtube Satukan Keluarga yang Berpisah 40 Tahun

Editor: Andi Chaerul Fadli
Video Viral di Youtube Satukan Keluarga yang Berpisah 40 Tahun
foto: AFP

RAKYATKU.COM - Seorang pria di India yang hilang selama 40 tahun telah berkumpul lagi dengan keluarganya. Pertemuan itu terjadi setelah videonya menyanyikan lagu Bollywood sedang viral di Youtube.

Dikutip dari Asiaone.com, Sabtu (21/4/2018), Khomdram Gambhir Singh tampak memeluk keluarganya di Imphal, sebuah daerah di negara bagian Manipur yang terpencil.

Dia meninggalkan desa itu pada 1978 setelah berpisah dari istrinya. Anggota keluarga menangis dan merangkul Singh (66) ketika ia tiba di kota kelahirannya, Kamis lalu waktu setempat.

"Saya berusaha keras untuk pulang, tetapi saya tidak punya banyak pilihan," kata Singh kepada AFP.

Selama empat dekade setelah dia pergi, keluarganya tidak mendengar apa-apa.

Kemudian sebuah video yang menunjukkan seorang pria berjanggut abu-abu menyanyikan lagu Bollywood di sebuah jalan Mumbai yang berjarak 3.300 kilometer muncul secara online.

Dalam video itu, Singh mengidentifikasi dirinya sebagai Manipur. Seorang pemirsa menunjukkan video itu kepada sebuah asosiasi lokal di Imphal yang memberi tahu keluarga Singh.

Sekarang dicukur bersih, Singh mengatakan dia melakukan pekerjaan sambilan untuk bertahan hidup di Mumbai, yang merupakan rumah bagi industri film Bollywood yang produktif.

"Saya bekerja di pabrik, di toko-toko dan gedung-gedung besar di sana," katanya kepada AFP. Dia menolak menjelaskan mengapa dia tidak pernah mencoba menghubungi keluarganya sejak pergi sebagai seorang berusia 26 tahun.

Singh melakukan ritual kecil sebelum memasuki rumah beratap jerami yang sederhana, dikerumuni oleh warga sekitar.

"Kami tidak bisa mengungkapkan kata-kata betapa bahagianya kami karena reuni ini," kata adiknya, Kulachandra Singh.

"Sebenarnya, saya memiliki mimpi yang sangat indah sehari sebelumnya dan hari berikutnya ketika saya bangun orang ini datang ke rumah kami untuk memberi kami kabar baik (tentang saudara saya). Ini benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan bagi kita semua," katanya.