Jumat, 20 April 2018 21:03 WITA

Pj Gubernur Sulsel: Pelantikan Pejabat Pemkot Makassar Sudah Sesuai Aturan

Editor: Nur Hidayat Said
Pj Gubernur Sulsel: Pelantikan Pejabat Pemkot Makassar Sudah Sesuai Aturan
Soni Sumarsono.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono, menegaskan rencana pelantikan pejabat struktural eselon II lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar, Syamsul Rizal, sudah sesuai aturan.

"Untuk eselon II dan III harus lelang. Tapi kalau pernah lelang, maka tidak perlu lagi dilelang. Namun harus tetap mendapat izin tertulis Mendagri (Menteri Dalam Negeri), dan yang di Kota Makassar sudah ada izin," kata Soni kepada Rakyatku.com, Jumat (20/4/2018).

Soni juga menilai, proses pelantikan pejabat eselon II Pemkot Makassar tersebut tidak mengandung unsur politik. Pasalnya, pejabat yang bakal dilantik dalam waktu dekat, merupakan pejabat yang pernah dinonjobkan.

"Tidak ada unsur politik. Karena ada rekomendasi dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), untuk mengaktifkan yang pernah dinonjobkan. Istilahnya, mengembalikan jabatannya," tutupnya.

Sementara itu, Syamsu Rizal menyatakan bahwa pelantikan ini hanya untuk mengisi jabatan lowong di Pemkot Makassar. Dengan tujuan mengantisipasi potensi terjadinya stagnasi dalam tubuh birokrasi di Kota Makassar.

Pria yang akrab disapa Deng Ical itu juga mengungkapkan, pelantikan pemegang jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut tidak akan melalui proses lelang jabatan atau seleksi terbuka jabatan.

"Pejabat yang bakal definitifkan, tidak perlu lagi melalui proses lelang jabatan. Karena pada prinsipnya, mereka sudah melalui lelang semua, sudah juga mengikuti asesmen. Jadi nilai itulah yang dijadikan pertimbangan oleh KASN dan Kemendagri," ucapnya.