Jumat, 20 April 2018 12:30 WITA

Manusia Tertua di Dunia Tewas Terjatuh dari Tempat Tidur

Editor: Aswad Syam
Manusia Tertua di Dunia Tewas Terjatuh dari Tempat Tidur
Celino Villanueva Jaramillo

RAKYATKU.COM, CHILE - Celino Villanueva Jaramillo tidak pernah secara resmi diakui sebagai orang hidup tertua, karena akte kelahirannya hancur dilalap api.

Celino Villanueva Jaramillo, yang lahir pada Juli 1896, menderita paru-paru yang menusuk ketika dia jatuh dari tempat tidur minggu lalu.

Dia meninggal di rumah sakit kemarin, setelah operasi darurat, setelah dirawat intensif.

Jaramillo, yang tinggal di San Jose de Mariquina di Chile selatan, tidak pernah diakui sebagai orang tertua yang hidup oleh Guinness karena akte kelahirannya hancur dalam api.

Namun para pejabat di negara Amerika Selatan, tidak memiliki keraguan tentang usianya - meskipun ia tidak pernah diberi perawatan khusus.

Selama dua dekade terakhir hidupnya ia tinggal bersama seorang ibu dan anak perempuan setelah kebakaran.

Ivonne Morales, yang mengadopsinya pada usia 99 tahun ketika ia melarat, mengatakan kepada The Guardian setelah kematiannya: "Kami sangat sedih. Dia adalah bagian integral dari keluarga kami, pria di rumah."

Mantan buruh pertanian itu empat tahun lebih tua dari orang tertua yang dikenal saat ini di planet ini, nenek buyut besar Nabi Tajima (117).

Jaramillo, yang tidak pernah menikah, tidak memiliki kerabat yang hidup. Dia akan dikuburkan besok.

Ketika dia berusia 115 tahun, Presiden Cile Sebastian Piñera dan menteri pembangunan sosial Joaquin Lavin mengunjunginya, untuk memberikan hadiah dan mengenalinya sebagai warga negara tertua di negara itu.

Di antara hadiah yang diberikan kepadanya adalah tungku pembakaran kayu, dua set kruk dan satu set earphone, lapor Newsweek .

Dia juga disajikan dengan sertifikat yang diakui pemerintah untuk memverifikasi usianya.

Pada tahun-tahun terakhirnya ia menderita katarak dan 85% tunarungu.

Orang tertua yang pernah hidup adalah Jeanne Calment, yang berusia 122 tahun dan 164 hari ketika dia meninggal di Perancis pada tahun 1997.