Selasa, 17 April 2018 21:35 WITA

Nelayan Pangkep Bakal Miliki TPI Berfasilitas Lengkap

Editor: Fathul Khair Akmal
Nelayan Pangkep Bakal Miliki TPI Berfasilitas Lengkap
Festival Nelayan yang diadakan Pemkab Pangkep, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Selasa (17/4/2018).

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Dirjen Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Syarif Hidayat mengaku bangga dengan kepemimpinan Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, yang terus berupaya mendorong nelayan di Pangkep untuk maju.

Hal tersebut dikatakan Syarif Hidayat saat menghadiri Festival Nelayan yang diadakan Pemkab Pangkep, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Selasa (17/4/2018). Hanya saja, kata Syarif, nelayan Pangkep masih belum memiliki TPI berfasilitas legkap.

"Saya menyambut gembira semua inisiatif, leadership dari Bapak Bupati, mendorong masyarakatnya untuk bisa maju. Pangkep ini merupakan daerah kepulauan yang luar biasa. Saya lihat ini potensi hebat. Hanya saja mereka masih memilki kesulitan, salah satunya mereka belum memiliki satu TPI yang repesentatif, tidak dilengkapi fasilitas pengisian BBM, pabrik ES, sekaligus pembeli," ungkap Syarif.

Kondisi tersebut kata Syarif, membuat nelayan tidak berkuasa atas ikannya. Belum lagi bila tidak ada koperasi yang menyediakan modal dan simpan pinjam bagi nelayan. Karena hal tersebut dapat mendorong ketidak mandirian ekonomi nelayan, karena masih tergantung dengan tengkulak.

"Di TPI ini nanti selain kita akan sediakan fasilitas, kami juga mendorong bagaimana mendatangkan pembeli dari luar. Kemudian kita dorong ketersediaan koperasi di setiap pulau, sehingga dengan adanya koperasi bisa ada banyak permodalan. Dengan begitu mereka punya kebebasan untuk menjual dengan harga yang lebih baik. Tidak lagi tergantung pada tengkulak," terang Syarif.