Selasa, 17 April 2018 20:31 WITA

Polda Sulteng Sita 4.000 Liter Cap Tikus Asal Manado

Editor: Fathul Khair Akmal
Polda Sulteng Sita 4.000 Liter Cap Tikus Asal Manado

RAKYATKU.COM, PALU - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tengah menggerebek tempat pengolahan dan penampungan minuman keras tradisional jenis Cap Tikus di Kota Palu, Selasa (17/4/2018).

Sebanyak 4.000 liter miras tradisional jenis cap tikus diamankan. Cap tikus tersebut dimasukan ke dalam 12 penampungan air ukuran besar. Penggerebekan tempat pengolahan dan penampungan miras berlangsung di Jalan Emi Saelan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Penggerebekan itu, dipimpin Direktur Reskrimum Polda Sulteng Kombes Polisi Diki Budiman di Jalan Emi Saelan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. "Penggerebekan itu dilakukan berdasarkan informasi dari warga yang resah dengan maraknya penjualan miras dan kemudian ditindaklanjuti polisi di lapangan. Selain itu, penggerebekan juga dilakukan atas perintah dari pimpinan untuk memberantas miras dalam rangka menciptakan suasana nyaman menjelang bulan suci Ramadan," tegas Direktur Reskrimum Polda Sulteng, Kombes Polisi Diki Budiman.

Tersangkanya satu orang, inisialnya M (32), warga Jalan Puebongo, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Palu Barat. Menurut Diki, tersangka M menjalankan aksinya tersebut sejak awal tahun 2016 dan mengaku mendapat bahan baku dari Manado, Sulawesi Utara. Setelah diolah jadi miras, tersangka M kemudian menjualnya ke distributor ataupun pengecer.

Polisi tidak menahan tersangka M dan hanya dikenakan wajib lapor. Tersangka melanggar pasal 13 huruf 2 Perda Kota Palu Nomor 10 Tahun 2004, dengan ancaman kurungan 6 bulan atau denda Rp50 juta.

Tags