Selasa, 17 April 2018 20:08 WITA

Pansus LKPJ Gubernur Sulsel Konsultasi ke Ditjen Otoda Kemendagri

Editor: Fathul Khair Akmal
Pansus LKPJ Gubernur Sulsel Konsultasi ke Ditjen Otoda Kemendagri

RAKYATKU.COM - Pimpinan dan anggota Pansus DPRD Sulsel Pembahas LKPJ Gubernur Sulawesi Selatan Akhir tahun anggaran 2017, melakukan kunjungan kerja di Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri, pada Selasa (17/4/2018). Dalam kunjungan tersebut, turut pula diihadiri oleh beberapa OPD Pemerintah Daerah Sulsel. 

Menurut Ketua Pansus LKPJ, Kadir Halid mengatakan, kunjungan kerja pansus kali ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi dan masukan dalam rangka pembahasan LKPJ Gubernur, khususnya penyusunan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Gubernur Sulawesi Selatan Akhir Tahun Anggaran 2017.

Pada pertemuan tersebut, rombongan Pansus yang berjumlah 29 orang diterima di ruang rapat lantai 15 gedung Ditjen Otda Kemendagri RI, oleh Hasdiana Kando selaku Kasubdit Fasilitasi KDH dan DPRD Wilayah IV. 

Menurut Diana sapaan akrabnya, secara garis besar LKPJ Gubernur terbagi dua yakni LKPJ Akhir Tahun Anggaran dan LKPJ Akhir Masa Jabatan. Untuk LKPJ Akhir Tahun Anggaran seharusnya disampaikan oleh kepala Daerah 3 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan bukan setelah berakhirnya masa jabatan.

Lebih lanjut, Diana mengatakan pada prinsipnya PP Nomor 3 Tahun 2007 tidak menyebutkan bahwa LKPJ Gubenur dapat ditolak oleh DPRD. sehingga menurut beliau, DPRD tetap menerima LKPJ Gubenur dan memberikan rekomendasi karena rekomendasi LKPJ bertujuan untuk pembinaan bagi pemerintah daerah atau dapat juga sebagai pokok-pokok pikiran DPRD untuk pemerintah yang akan datang.