Selasa, 17 April 2018 17:48 WITA

Kementerian Keuangan Gelar Diseminasi Dana Desa di Maros

Editor: Nur Hidayat Said
Kementerian Keuangan Gelar Diseminasi Dana Desa di Maros
Diseminasi dana desa oleh Kementerian Keuangan di Kabupaten Maros, Selasa (17/4/2018).

RAKYATKU.COM, MAROS - Kementerian Keuangan menggelar diseminasi dana desa di Kabupaten Maros, Selasa (17/4/2018). Kegiatan yang digelar di Gedung Serbaguna Pemkab Maros ini diikuti seluruh kepala desa se-kabupaten Maros dan perangkat pemerintahan desa. 

Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo, memberikan pemaparan tentang diseminasi kebijakan pengelolaan keuangan. Menurutnya, diseminasi ini penting sebagai sarana penyebarluasan berbagai informasi mengenai inovasi perubahan kebijakan pengelolaan dana desa.

"Kita ingin memberikan gambaran bagaimana dana desa dari perencanaan, penganggaran, pembagian, penyaluran, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban," ujarnya. 

Menurutnya, pengelolaan dana desa tidak hanya melibatkan pemerintah desa, tetapi di dalamnya juga terlibat pendamping, pengawas, hingga seluruh masyarakat.

Dana desa di Maros dari tahun ke tahun meningkat. Untuk 2017 lalu dana desa mencapai Rp67,1 miliar dan meningkat menjadi Rp74,1 miliar atau naik sekitar Rp7 miliar untuk 2018 ini.

Boediarso memaparkan dana desa yang disalurkan pemerintah pusat sejak 2015 sampai 2017 telah mencapai Rp127,8 Triliun. Pada 2017 dana desa yang digelontorkan mencapai Rp60 triliun naik dari 2016 sebesar Rp47 triliun. 

Bupati Maros, HM Hatta Rahman, mengatakan diseminasi kebijakan pengelolaan dana desa ini sangat penting khususnya bagi pemerintah desa. Hal ini agar alur kebijakan keuangan dana desa dipahami pemerintah desa.

Dalam kesempatan ini pula, beberapa badan usaha milik desa (Bumdes) memamerkan hasil usaha dari pertanian hingga perikanan. Kegiatan juga dihadiri jajaran Muspida Kabupaten Maros.