Selasa, 17 April 2018 16:04 WITA

4 Bulan Tak Terima Gaji, Petugas Disdukcapil Sinjai Mogok Kerja

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
4 Bulan Tak Terima Gaji, Petugas Disdukcapil Sinjai Mogok Kerja
Petugas ASN melakukan pelayanan langsung, setelah 77 tenaga SUkarela lakukan aksi mogok kerja, Selasa (17/4/2018)

RAKYATKU.COM, SINJAI - Kantor pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) Kabupaten Sinjai terganggu setelah sejumlah tenaga honorernya melakukan aksi mogok kerja, Selasa (17/4/2018).

Sebanyak 77 orang tenaga sukarela melakukan mogok dengan tidak masuk kantor, lantaran gaji mereka tak kunjung dibayarkan sejak Januari 2018 lalu.

Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Sinjai, Muh Tahir mengatakan, penyebab tidak dibayarkannya gaji sukarelawan mulai Januari sampai April karena terkendala pada bagian perencannan. Mulanya direncanakan dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) namun hal itu tidak bisa. 

"77 orang ini adalah pengendali disini karena operator KTP dan data, sehingga pelayanan otomatis terganggu," kata Tahir saat ditemui di kantornya.

4 Bulan Tak Terima Gaji, Petugas Disdukcapil Sinjai Mogok Kerja

Mogoknya pegawai sukarela ini membuat pelayanan terganggu yang jumlahnya 77 orang. "Mereka ini pegang kendali di sini karena sebagai operator KTP dan data," jelasnya.

Gaji mereka baru akan dibayarkan setelah pembahasan anggaran perubahan dan berdasarkan SK, gaji mereka sebesar Rp220 Ribu.

Karena aksi ini, masyarakat SInjai yang lakukan kepengurusan kependudukan hanya dilayani oleh tenaga PNS. Bahkan beberapa warga harus pulang setelah lama menunggu namun tak kunjung dilayani.

Sekedar diketahui, sampai saat ini masih ada 1.600 warga Sinjai yang belum terekam untuk mendapatkan KTP Elektronik.

 

Tags