Selasa, 17 April 2018 13:20 WITA

Jumlah Bank Sampah di Makassar Lebih 1.000 Unit

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Andi Chaerul Fadli
Jumlah Bank Sampah di Makassar Lebih 1.000 Unit

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi), Saharuddin Ridwan mengatakan, jumlah bank sampah di Kota Makassar saat ini telah mencapai lebih dari 1.000 unit

Namun hanya 600 hingga 700 unit yang berjalan efektif dan produktif mengolah sampah. Dengan jumlah nasabah mencapai lebih dari 50 ribu orang.

"Jadi tidak semua bank sampah ini dari masyarakat. Tapi ada bank sampah yang diinisiasi di tingkat RT/RW, ada bank sampah sekolah, dan ada pula di instansi-instansi pemerintahan," kata Sahar pada dialog rutin Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Kota Makassar di KOPIAlps, Jalan Ratulangi, Selasa (17/4/2018).

Bank Sampah merupakan salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang terbentuk sejak 2015. Pembentukan bank sampah di Kota Makassar merujuk pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah, yang diperkuat Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

"Di situ mengatakan bahwa sebuah kota dikatakan berhasil mengelolah sampah rumah tangga, jika jumlah sampah yang terbuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) semakin sedikit. Itulah mengapa kita membentuk bank sampah," ungkapnya.

Sahar menargetkan, jumlah nasabah dan bank sampah dapat meningkat setiap tahunnya. Karena hal itu akan mempengaruhi jumlah reduksi sampah di Kota Makassar.