Selasa, 17 April 2018 11:26 WITA

China Ketatkan Aturan Jadi Tentara, Tak Boleh Perut Buncit

Editor: Andi Chaerul Fadli
China Ketatkan Aturan Jadi Tentara, Tak Boleh Perut Buncit
Foto: Xinhua

RAKYATKU.COM - Pemerintah China telah memerintahkan pasukannya untuk meningkatkan kebugaran fisik mereka dan memastikan mereka memproyeksikan diri memiliki citra yang baik nantinya. Hal itu menjadi aturan khusus yang lebih ketat untuk menjadi tentara di Negeri Tirai Bambu itu.

Dikutip dari South China Morning Post, Selasa (17/4/2018), aturan baru itu juga meliputi instruksi tentang penggunaan payung yang benar. Juga akan meningkatkan bonus bagi pasukan yang mengambil bagian dalam misi luar negeri.

Mereka dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapan dan moral tempur Tentara Pembebasan Rakyat, serta meningkatkan citra publiknya.

"Peraturan Umum PLA (Pasukan Pembebasan Rakyat Cina)," telah disetujui oleh Presiden Xi Jinping Minggu lalu dan akan berlaku pada 1 Mei nanti.

Mereka menyoroti pentingnya persiapan tempur sebagai bagian dari rutinitas harian tentara. Sementara beberapa pelanggaran disiplin akan menerima hukuman yang lebih berat.

"Peperangan modern telah berkembang secara signifikan, dan misi militer China telah meluas," demikian sebuah artikel yang diterbitkan oleh juru bicara militer.

Amandemen menekankan pentingnya memproyeksikan citra publik yang positif. "Militer kelas satu harus memiliki citra kelas satu," kata seorang pejabat Komisi Militer Pusat.

Misalnya, semua personil militer harus memastikan mereka tidak kelebihan berat badan. "Kami tidak melihat petugas AS dengan perut gendut," kata Ni Lexiong, seorang komentator militer yang berbasis di Shanghai, mengatakan.

"Bentuk tubuh sampai taraf tertentu menunjukkan disiplin militer."

Angkatan bersenjata China sebelumnya telah menyatakan keprihatinan bahwa terlalu banyak rekrutan muda gagal dalam tes kebugaran fisik. Tahun lalu, PLA Daily melaporkan bahwa lebih dari separuh rekrutan di beberapa wilayah di Cina tengah gagal melakukan pemotongan.

Beijing 'membidik Taipei' dengan latihan 'live-fire' pada menit terakhir di Selat Taiwan

Peraturan itu juga melarang personil militer mengenakan gelang atau sarung tangan yang tidak seragam. Secara khusus, itu mengatakan kepada tentara mereka tidak diizinkan untuk membawa payung kecuali hujan atau salju, menambahkan: 

"Payung yang digunakan harus berwarna hitam dan biasanya dipegang di tangan kiri."

Peraturan Umum yang baru juga mengatakan akan ada imbalan bagi pasukan yang mengambil bagian dalam operasi di luar negeri tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Artikel itu mengatakan pertunjukan luar biasa dalam operasi di luar negeri seperti "penjaga perdamaian, kontraterorisme, patroli pengawalan, latihan bersama dan penyelamatan internasional" akan didorong.

Tags