Selasa, 17 April 2018 11:27 WITA

Kisah Kakek 70 Tahun di Sidrap Lolos dari Amukan Api

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kisah Kakek 70 Tahun di Sidrap Lolos dari Amukan Api

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Muhammad Ali (70), warga Kelurahan Manisa, Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap, lolos dari amukan si jago merah saat rumahnya mengalami kebakaran hebat, Selasa (17/4/2018) dini hari.

Korban selamat lainnya dari kobaran api tersebut, adalah Dahlia, anak Muhammad Ali yang tengah terlelap bersama orangtuanya saat insiden kebakaran ini melalap seisi rumah panggung miliknya itu.

Peristiwa ini tidak menelan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, karena seluruh rumah beserta isi di dalamnya ludes terbakar tanpa tersisa.

"Api tiba-tiba saja terlihat dari arah dapur, api itu dengan cepat bembesar lalu menjalar ke bagian rumah lainnya, sehingga menghabiskan seluruh perabot yang ada," ujar Dahlia.

Selain, rumah dan seluruh perabot, barang berharga lainnya yang ikut terbakar dalam kejadian adalah satu unit sepeda motor yang terparkir di kolom rumah tersebut. "Motornya hangus dan tinggal kerangkanya saja," beber Dahlia. 

Api baru bisa dipadamkan sekira pukul 04.30 wita setelah lima unit armada pemadam kebakaran milik Pemkab Sidrap tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman dibantu warga sekitar yang menggunakan peralatan seadanya. 

Beruntung, api yang sudah mulai menjalar ke rumah tetangga dapat secepatnya diantisipasi. "Rumah Hajjah Salma juga ikut terbakar di bagian dinding dapurnya. Tapi dipadamkan sebelum masuk ke dalam rumah itu," jelasnya.

Hingga kini, sumber api belum bisa dipastikan. Untuk sementara, kebakaran tersebut diduga karena hubungan pendek listrik (korsleting) atau mungkin pemilik rumah memadamkan api kompor sebelum tidur.