Senin, 16 April 2018 14:49 WITA

Sekali Bonceng, Pasangan Belia Bantaeng Jadi Lengket Berbulan-bulan hingga "Kebelet" Nikah

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
Sekali Bonceng, Pasangan Belia Bantaeng Jadi Lengket Berbulan-bulan hingga
Pasangan Syamsuddin dan Fitrah nekat menikah di usia amat belia.

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Rencana pernikahan dua remaja di Bantaeng tak terbendung lagi. Mereka tak peduli pembatasan usia oleh undang-undang. Mudaratnya lebih besar jika harus menunggu setidaknya dua tahun lagi.

Bagaimana ceritanya hingga mereka kebelet menikah di usia sangat belia? Dengan malu-malu, Fitrah Ayu (14) menceritakan awal mula perkenalannya dengan calon suami, Syamsuddin (15).

Awalnya, Fitrah dikenalkan oleh salah seorang rekannya. "Waktu itu saya mau pulang. Temanku telpon ki (Syamsuddin) untuk antarka pulang. Dari situ kenalan mi," tutur Fitrah Ayu, Senin (16/4/2018).

Dari situ, komunikasi kedua pasangan muda ini pun berlanjut di media sosial Facebook. "Komunikasi di Facebook ji. Kemudian satu bulan lamanya pedekate, kemudian jadian (pacaran)," bebernya.

Tak seperti kebanyakan pria, Syamsuddin tak main-main. Setelah merasa cocok, Fitrah diperkenalkan dengan orang tuanya di Ersayya, Desa Bonto Tiro, Kecamatan Sinoa, Bantaeng, Sulawesi Selatan.

"Sebulan bulan pedekate, kemudian jadian selama lima bulan, baru memutuskan untuk menikah," lanjut Fitrah.

Prosesi lamaran dilakukan ibunda Syamsuddin, Sannah. "Mamaku ji yang datang melamar," aku Syamsuddin yang datang ke KUA mengenakan peci hitam.

Meski belum menikah secara resmi, pasangan ini mengaku telah melangsungkan resepsi pernikahan, 1 Maret 2018. Uang panaiknya Rp10 juta plus 200 liter beras dan mahar berupa tanah seluas lima are.