Minggu, 15 April 2018 10:30 WITA

Ada Lapisan Es di Gunung Semeru, Apanya yang Aneh?

Editor: Nur Hidayat Said
Ada Lapisan Es di Gunung Semeru, Apanya yang Aneh?
Lapisan es di Puncak Semeru (Foto: Dok Rizal Tumpang Camp Adventure)

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Lapisan es muncul dengan ketebalan kurang lebih 2 cm di Puncak Gunung Semeru. Lapisan itu terdapat di sela-sela bebatuan jalur pendakian menuju puncak Mahameru.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyebut peristiwa itu belum pernah dijumpai di kawasan puncak gunung. Peristiwa ini pun dianggap sebagai kejadian yang unik. Sebab, tak biasanya lapisan es muncul di kala musim pancaroba.

Pakar Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Lambok Hutasoi, angkat bicara soal itu. Ia menilai 
lapisan es yang berada di Puncak Gunung Semeru merupakan fenomena umum. Menurutnya, adanya lapisan es tersebut biasa terjadi di tempat lain.

Sebagai informasi, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian Puncak Mahameru 3.676 Mdpl. 

"Nggak ada yang aneh kan, Semeru puncaknya tinggi di Jawa. Biasa saja itu," kata Lambok seperti diberitakan Detik.com. "Nggak lah (langka), biasa saja. Ke Pengalengan saja dingin, daun teh jadi beku," imbuhnya.

Lambok berujar, adanya lapisan es itu biasanya terjadi saat suhu temperatur mencapai nol derajat celcius. Menurut dia, kebun teh di Pengalengan, Bandung, juga kerap kali mengalami hal serupa.

"Temperaturnya saja turun, rendah begitu. Kalau sudah jadi es temperatur nol kan. Kalau pembentukan es ada tekanan, tergantung temperatur dan tekanan," ucapnya.

Lapisan es itu pun tidak akan terjadi terus menerus. "Itu sporadis dan tidak akan menerus," imbuhnya.