Sabtu, 18 Juni 2016 19:23 WITA

Enam SKPD di Pemprov Sulsel Akan Berubah Jadi Dinas

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Mulyadi Abdillah
Enam SKPD di Pemprov Sulsel Akan Berubah Jadi Dinas

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -  Pemerintah Pusat berencana akan mengalihkan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) provinsi menjadi instansi vertikal. 

Salah satu instansi yang diwacanakan akan berubah menjadi instansi vertikal adalah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Namun, rencana ini kembali ditunda oleh Pemerintah Pusat.

Dari kajian sementara, ada enam SKPD berstatus badan di lingkup Pemprov Sulsel akan berubah menjadi dinas. Selain itu, beberapa SKPD juga akan mengalami perampingan.

Sekretaris Provinsi Sulsel, Abdul Latif mengaku sudah melakukan kajian. Hanya saja, sejauh ini masih sebatas ancang-ancang. Terlebih, belum ada kejelasan kapan PP perampingan tersebut disahkan. 

"Biro juga ada beberapa, kalau dinas ada yang dihilangkan tetapi masih perlu dikaji lebih jauh dari segi beban kinerja," ujar Abdul Latief, Sabtu (18/6/2016).

loading...

Implementasi perampingan SKPD, saat ini masih menunggu revisi PP Nomor 41 tahun 2007, tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah selesai ditandatangani presiden. Revisi PP ini menyusul penyesuaian dengan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Badan yang kemungkinan menjadi dinas tersebut masing-masing Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Badan Ketahanan Pangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD), Badan Arsip dan Perpustakaan, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Kelurahan (BPMPDK), serta Badan Pemberdayaan Perempuan/Anak dan KB.

Selain itu, kata Latief, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi juga nantinya akan dipisah. Salah satunya akan menjadi lembaga yang berdiri sendiri.

"Seperti di Makassar Kominfonya-kan terpisah dari perhubungan, dan berdiri sendiri. Kemungkinan hal itu akan terjadi juga di Pemprov Sulsel," demikian Latief.

Loading...
Loading...