Kamis, 12 April 2018 16:00 WITA

UNBK Berakhir, Montir di Sinjai Untung Besar

Penulis: Rahmatullah
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
UNBK Berakhir, Montir di Sinjai Untung Besar

RAKYATKU.COM, SINJAI - Di hari terakhir Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pelajar SMA sederajat selalu merayakannya dengan aksi corat-coret seragam sekolah dengan menggunakan pewarna semprot alias pilox.

Tak tanggung-tanggung, mereka menghabiskan puluhan hingga ratusan botol pilox untuk disemprotkan ke pakaianya dengan beragam warna.

Aksi pelajar ini dimanfaatkan oleh sejumlah bengkel yang menjual pilox di Kabupaten Sinjai. Karena dengan perayaan muda-mudi itu, pendapatannya kian meningkat.

Karim, salah seorang montir dan pemilik usaha bengkel di Jalan Perstauan Raya, Kecamatan Sinjai Utara mengaku, jika biasanya pilox miliknya hanya laku 5-10 botol perhari, di hari saat pelajar menjelang kelulusan, meningkat hingga 100 sampai 200 botol.

"Laku sekali, karena anak-anak banyak gunakan semprot-semprot bajunya, sehingga saya memang sudah pesan pilox di Makassar banyak-banyak dengan warga yang menyala. Yang tidak laku hanya warna putih dan silver," ujar Karim saat ditemui Rakyatku.com.

UNBK Berakhir, Montir di Sinjai Untung Besar

Karim menyediakan dua jenis ukuran. Untuk ukuran kecil 200 ML seharga Rp20 Ribu dan ukuran 400 ML seharga Rp27 Ribu.

"Seperti hari ini, sudah banyak yang datang beli, bahkan ada anak SD datang beli juga, dengan rambutnya penuh warna," jelasnya.

Selain pelajar yang merayakan UNBK dan kelulusan, pilox juga banyak dibeli guru dan murid SD untuk mewarnai karajinan tangan di sekolah, yaitu lampion yang terbuat dari gelas plastik bekas air mineral.