Kamis, 12 April 2018 15:21 WITA

Disdik Makassar Jamin Tidak Ada Kecurangan di UNBK SMP 2018

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Disdik Makassar Jamin Tidak Ada Kecurangan di UNBK SMP 2018
Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Mukhtar Tahir.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Mukhtar Tahir menjamin, tidak ada kecurangan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat tahun ini.

Pelaksanaan UNBK, menurut Mukhtar, memiliki sistem pengamanan yang lebih baik dibanding ujian berbasis kertas. Pasalnya, jenis soal yang diberikan sangat beragam. Bahkan antara satu peserta dengan peserta lainnya dalam satu ruangan.

"Sejak awal UNBK inikan di rancang pemerintah untuk meminimalisir terjadinya kecurangan. Baik yang dilakukan siswa maupun oknum di lingkungan sekolah," ungkap Mukhtar pada Rakyatku.com, Kamis (12/4/2017).

Selain itu, sinkronasi seluruh soal ke server masing-masing sekolah, dilakukan selang dua hari sebelum pelaksanaan UNBK. Sehingga validitas data dan analisis hasil ujian lebih terjaga.

"Jadi tidak ada lagi namanya pemeriksaan secara manual, yang berkemungkinan menimbulkan salah tafsir dalam perhitungannya. Insya Allah UNBK, jauh dari kata kecurangan," jelasnya.

Diketahui, UNBK 2018 tingkat SMP sederajat akan diselenggarakan 23 hingga 26 April 2018 mendatang. Kemudian ujian susulan akan dilaksanakan 8 dan 9 Mei 2018.

Khusus di Kota Makassar, penyelenggaran UNBK tahun ini, akan diikuti 23,641 peserta dari 253 SMP sederajat. Dengan rincian 45 SMP negeri, 159 SMP swasta, dan 49 Madrasah Tsanawiyah (MTs).