Kamis, 12 April 2018 12:17 WITA

Jaksa Penuntut Umum Ngotot Ome Ditahan

Penulis: Hamka Tadda
Editor: Mulyadi Abdillah
Jaksa Penuntut Umum Ngotot Ome Ditahan
khmad Syarifuddin Daud

RAKYATKU.COM, PALOPO - Hukuman masa percobaan kepada Akhmad Syarifuddin Daud alias Ome oleh hakim Pengadilan Negeri Palopo, tidak diterima oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).  

Menurut salah seorang JPU, Ikram Saleh, hakim tidak perlu lagi memberikan masa percobaan kepada terdakwa, namun langsung memerintahkan penahanan. Sekadar diketahui, Ome divonis 4 bulan 6 bulan dengan masa percobaan. 

"Kami mengajukan banding karena hakim mestinya memvonis terdakwa dan langsung menahannya. Hakim hanya memberikan hukuman percobaan. Harusnya langsung dieksekusi sesuai dengan vonisnya," katanya, Kamis (12/4/2018).

Sebab katanya, dari keterangan dua saksi ahli yang dihadirkan dalam persidangan tersebut, menyatakan jika apa yang disangkakan kepada terdakwa itu terbukti. Misalnya, saksi ahli bahasa dari Provinsi Sulsel, David Manuputty.

"Dia (David Manuputy) mengatakan jika orasi yang disampaikan Ome sudah masuk dalam kategori menghasut," tegasnya.

Loading...

Sementara Kuasa hukum Ome, Umar Laila, mengatakan, pihaknya juga siap mengajukan banding atas vonis hakim tersebut, yang menilai jika vonis tersebut tidak sebanding dengan perbuatan yang dilakukan oleh kliennya.

"Kita juga siap banding jika pihak JPU tetap bersikeras melakukan upaya banding. Jadi, sama-sama banding saja," tegas Umar.

Diketahui, JPU, Ikram Saleh telah memasukkan memori banding, di PN Kota Palopo pada Rabu (11/4) kemarin.

Loading...
Loading...