09 April 2018 07:48 WITATim Rakyatku.Com : Azwar Basir - Fathul Khair - Muh. Fadel

LIVE REPORT: Pelantikan Soni Sumarsono

LIVE REPORT: Pelantikan Soni Sumarsono

Soni Sumarsono akan dilantik sebagai penjabat gubernur Sulsel pada Senin, (9/4/2018). Soni mengisi kekosongan jabatan jelang Pilgub Sulsel 2018.

  • 09 April 2018 09:45

    IYL Selamati Soni

    Adik Syahrul Yasin Limpo, Ichsan Yasin Limpo (IYL) turut hadir dalam pelantikan Soni Sumarsono, Senin (9/4/2018). Soni dilantik sebagai penjabat gubernur Sulsel.

    IYL datang bersama istri tercinta, Novita Madonza Amu. Pada kesempatan itu, IYL yang juga kontestan Pilgub Sulsel menyalami sekaligus memberikan ucapan selamat kepada Soni Sumarsono.

  • 09 April 2018 09:29

    SYL Kembali Berderai Air Mata

    Syahrul Yasin Limpo (SYL) meneteskan air mata, saat memberikan sambutan pada pelantikan penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono di ruang pola kantor gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Senin (9/4/2018).

    SYL mengungkapkan, selama 10 tahun bersama wakilnya Agus Arifin Nu'mang memimpin Sulsel, tidak pernah terjadi konflik.

    "Izinkan saya menyampaikan terima kasih. Saya dan Pak Agus (Agus Arifin Nu'mang) tidak pernah pisah. Saya tidak pernah ribut satu kali pun," kata SYL.

    "Tidak mungkin pemerintah jalan, kalau kita tidak kompak. Kita terjaga dengan kejaksaan, karena kami tegak lurus dengan kejaksaan," tambahnya.

  • 09 April 2018 09:12

    Mendagri Sebut SYL Pecahkan Rekor MURI

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah memecahkan rekor MURI. 

    Menurutnya, SYL mampu menjadi kepala daerah selama 25 tahun. Itu belum termasuk saat menjadi camat dan kepala desa. 

    Bagi Tjahjo, ini prestasi yang membanggakan. Namun, keberhasilan SYL selalu didukung semua, pihak termasuk Agus Arifin Nu'mang yang mendampinginya selama 10 tahun.

    SYL memang sering disebut sebagai birokrat yang sempurna dan kaya pengalaman. Dia memulai kariernya dari lurah hingga gubernur. SYL pernah menjadi pelaksana tugas kepala desa satu tahun sembilan bulan. Lalu sembilan bulan jadi lurah, empat tahun menjadi camat.

    Lalu, dua tahun menjadi Sekwilda, sebelum kemudian menjadi bupati Gowa dua periode. Lalu terpilih menjadi wakil gubernur mendampingi Amin Syam. Pada periode selanjutnya, Syahrul terpilih menjadi gubernur berpasangan Agus Arifin Nu'mang. Dia menjabat 10 tahun atau dua periode.

  • 09 April 2018 09:06

    SYL: Saya Akan Bantu Pak Soni

    Mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) didaulat memberikan sambutan di dampingi Mantan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang. 

    Dalam sambutannya, SYL mengatakan, hari ini merupakan penyempurnaan 10 tahun memimpin Sulsel bersama Agus Arifin Nu'mang. 

    "Selama 10 tahun kami tidak pernah ribut, itu karena kebersamaan didalamnya. Dalam kepemimpinan kami selama 10 tahun pasti ada kekurangan. Tapi tentu tidak ada kesempurnaan pasti ada kekurangan, saya akan bantu pak Soni di Sulsel," kata SYL.

  • 09 April 2018 08:55

    Mengenal Soni Sumarsono

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resmi melantik Soni Sumarsono sebagai penjabat gubernur Sulsel.

    Ini kali ketiga Soni ditunjuk oleh Kemendagri. Sebelumnya, Soni dipercayakan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Ia juga pernah menjabat sebagai Plt Gubernur Sulawesi Utara pada 2015 silam.

    Soni lahir di Tulungagung, Jawa Timur pada 22 Februari 1959. Soni terpilih memegang jabatan penting di Kementerian  Dalam Negeri setelah menikuti sistem seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya tahun 2015.. Ia terpiliih sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah.

    PENDIDIKAN
    S1, Administrasi Negara Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.
    S2, Manajemen Pembangunan The Asian Institute of Management (AIM), Filipina
    S3, Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

    KARIER
    Pegawai Negeri Sipil, Departmen Dalam Negeri
    Direktur Keserasian Pembangunan Daerah
    Direktur Pengembangan Wilayah dan Sekretaris Direktorat Jenderal Bangda Kementerian Dalam Negeri
    Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat pada Direktorat Jenderal PMD Kemdagri
    Direktur Penataan Daerah dan Otonomi Khusus pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri
    ASDEP Pengelolaan Lintas Batas Negara
    Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara (BNPP)
    Plt Gubernur Sulawesi Utara (2015)
    Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (2015)
    Pit Gubernur DKI Jakarta (2016)

  • 09 April 2018 08:53

    Ini Sumpah Jabatan Soni Sumarsono

    Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo resmi melantik Soni Sumarsobo resmi mengemban amanah sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan. Pelantikan digelar di ruang Pola, Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Senin (9/4/2018).

    "Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," demikian kutipan sumpah jabatan Soni Sumarsono.

  • 09 April 2018 08:42

    Soni Sumarsono Resmi Penjabat Gubernur Sulsel

    Soni Sumarsono resmi menjadi Penjabat Gubernur Sulsel setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. 

    Pelantikan berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel. 

    Setelah pengambilan sumpah jabatan, Tjahjo Kumolo dan Soni Soemarsono menandatangani pakta integritas. Setelah itu, Tjahjo Kumolo memasang pangkat di sebelah kanan Soni Sumarsono.

  • 09 April 2018 08:24

    Pelantikan Dimulai, Masih Banyak Kursi Kosong

    Pelantikan Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono dimulai sesuai jadwal, pukul 08.00 Wita. Namun, sejumlah kursi masih banyak yang kosong. Artinya masih banyak tamu undangan yang belum tiba di lokasi. 

    Bahkan, mantan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang belum tiba di ruangan lokasi pelantikan Penjabat Gubernur Sulsel.

    Telah hadir di lokasi Mendagri Tjahjo Kumolo beserta Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah kepala daerah sudah mulai terlihat hadir. Diantaranya Plt Wali Kota Makassar Syamsu Rizal, Bupati Maros Hatta Rahman, Bupati Luwi Timur Thoriq Husler, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Plt Bupati Bantaeng M Yasin, Plt Luwu Amru Saher.

    Selain itu, sudah terlihat hadir para anggota DPRD Sulsel, dan para Kepala SKPS dan pejabat lingkup Pemprov Sulsel serta anggota DPR RI dari fraksi PAN, Indira Chunda Thita Syahrul.

    .

  • 09 April 2018 08:14

    Abdul Latief Hadiri Pelantikan Soni

    Mantan Sekprov Sulsel Abdul Latief datang lebih awal di ruang pola kantor Gubernur Sulsel, lokasi pelantikan dan serah terima jabatan Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono. 

    Selain Abdul Latief, sejumlah Kepala OPD Pemprov Sulsel juga terlihat sudah tiba. Seperti Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Andi Bakti Haruni, Kepala Dinas Perindustrian Ahmadi Akil, dan Kepala BKD Sulsel Ashari F Radjamilo

  • 09 April 2018 08:06

    Soni Sumarsono Tiba di Ruang Pelantikan

    Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono sudah tiba di ruang pola kantor Gubernur Sulsel, Senin (9/4/2018). Ia didampingi istri tercinta, Tri Rachayu.

    Sesuai jadwal, pelantikan akan berlangsung pukul 08:00 WITA. Pelantikan akan dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

  • 09 April 2018 08:04

    Puluhan Karangan Bunga Berjejer di Kantor Gubernur

    Sejumlah karangan bunga ucapan selamat atas pelantikan Soni Sumarsono sebagai penjabat gubernur Sulsel, berjejer di halaman depan ruang pola kantor gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Senin (9/4/2018).

    Karangan bunga itu datang dari sejumlah SKPD lingkup Pemprov Sulsel, instansi pemerintahan, dan juga kantor swasta. Pantauan Rakyatku.com, sejumlah tamu undangan sudah terlihat memadati ruang pola kantor gubernur Sulsel.

  • 09 April 2018 08:02

    Tim Gegana Kawal Pelantikan Soni

    Tim Gegana Polda Sulsel tiba di Kantor Gubernur Sulsel. Mereka akan mengamankan proses pelantikan dan serah terima jabatan Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono. 

    Terlihat ada enam personel yang melakukan simulasi pengamanan cepat jika terjadi situasi yang mendesak.

  • 09 April 2018 07:48

    Jelang Pelantikan Soni Sumarsono

    Soni Sumarsono akan dilantik sebagai penjabat gubernur Sulsel, Senin (9/4/2018). Pelantikan akan dipimpin Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. 

    Tugas utama Soni Sumarsono sebagai Penjabat Gubernur Sulsel yaitu menghadirkan Pilkada serentak 2018 di Sulsel menjadi pilkada yang aman dan damai.

    "Jadi tugas Soni membangun sinergi komunikasi dengan seluruh lapisan masyarakat," kata Tjahjo, pada Minggu (8/4/2018) malam. 

    Tjahjo Kumolo pun yakin di tangan Soni, Pilkada di Sulsel akan berjalan lancar dan damai apalagi didukung oleh Kapolda Irjen Pol Umar Septono dan Pangdam XIV Hasanuddin Agus Surya Bakti, serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Sulsel. 

    "Kunci sukses pilkada berhasil kalau tingkat partisipasi masyarakat meningkat, lawan kampanye uang, lawan kampanye sara dan fitnah. Ini yang harus di tegakan oleh KPU dan Bawaslu. Mari kita lawan orang yang merusak kesatuan dan persatuan bangsa," tutupnya.

  Live Report Terkait