Jumat, 30 Maret 2018 16:19 WITA

Tekan Angka Kemiskinan, Begini Cara Jitu Dinsos Makassar

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Tekan Angka Kemiskinan, Begini Cara Jitu Dinsos Makassar
Kepala Bidang Bantuan Jasa Kesejahteraan Sosial (BJKS) Dinsos Kota Makassar, Burhanuddin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar Dinas Sosial (Dinsos), terus melakukan berbagai upaya dalam menekan angka kemiskinan di Makassar. 

Hal ini dilakukan mengingat masih besarnya angka kemiskinan di Kota Makassar, yang jumlahnya mencapai 50.527 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Bidang Bantuan Jasa Kesejahteraan Sosial (BJKS) Dinsos Kota Makassar, Burhanuddin, menuturkan salah satu langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka kemiskinan, yaitu dengan cara memberikan bantuan usaha ekonomi produktif.

"Jadi warga yang ekonominya lemah dan ingin membuat sebuah usaha akan kita data. Kemudian kita berikan bantuan usaha," kata Burhanuddin kepada Rakyatku.com, Jumat (30/3/2018).

Burhanuddin menyatakan, bantuan yang diberikan bukan berupa uang, melainkan dalam bentuk barang-barang sesuai dengan kebutuhan usaha warga tersebut.

loading...

"Jika usahanya adalah bengkel. Maka contoh bantuan yang kita berikan bisa kompresor atau perlengkapan lainnya yang bisa membantu aktivitas dalam menjalankan usahanya itu. Begitupun usaha lainnya, tergantung apa yang menjadi kebutuhan usaha," ucapnya.

Tujuannya, lanjut Burhanuddin, agar masyarakat ke depannya bisa lebih mandiri, serta mau ikut berupaya dalam memperbaiki kondisi perekonomiannya. Sehingga tidak selalu bergantung pada bantuan pemerintah.

Selain itu, Dinsos Kota Makassar secara rutin juga memberikan pelatihan-pelatihan. Sehingga masyarakat bisa memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk memulai suatu usaha.

Loading...
Loading...