Jumat, 30 Maret 2018 09:41 WITA

PAN Merapat ke Jokowi, Politikus PDIP Bilang Begini kepada Amien Rais

Editor: Abu Asyraf
PAN Merapat ke Jokowi, Politikus PDIP Bilang Begini kepada Amien Rais
Hendrawan Supratikno

RAKYATKU.COM - Pernyataan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengisyaratkan merapat ke Jokowi disambut politikus PDIP. Mereka pun memberi syarat khusus karena politikus partai berlambang matahari terbit itu dianggap "bandel".

Sebelumnya pada Selasa (27/3/2018), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku tetap mempertimbangkan untuk mengusung Jokowi pada Pilpres 2019. Alasannya, peluang Jokowi untuk menang lebih besar.

"Pak Jokowi tentu kan incumbent. Peluangnya besar, menjadi pertimbangan," ujar Zulkifli di gedung DPR RI seperti dikutip dari Liputan6.com.

Tak hanya itu, Zulkifli juga menyebut posisi cawapres. Kalau PAN akhirnya bergabung dengan barisan koalisi pendukung Jokowi, dia mengaku tidak akan ngotot mengajukan kader sebagai cawapres.

"Ini kan masalah koalisi, kan berat syaratnya. Tentu enggak bisa maunya kita. Ini kan harus maunya bersama. Karena koalisinya enggak bisa sendiri atau satu-satu kan," jelas mantan menteri kehutanan era Presiden SBY itu.

Sinyal Zulkifli Hasan itu langsung direspons politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menjadi pendukung utama Jokowi. Mereka memberi syarat khusus kepada PAN jika ingin bergabung dalam barisan koalisi pendukung Jokowi.

loading...

"Syaratnya komitmen berlandaskan kejujuran dan ketulusan,” kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno seperti dikutip dari Okezone.com, Jumat (30/3/2018).

Menurut dia, kritik pedas yang kerap dilontarkan kader PAN terhadap pemerintahan Jokowi adalah hal yang lumrah. “Di alam demokrasi, tak masalah. Kekuasaan dalam alam demokrasi membutuhkan kritik konstruktif dan solutif,” jelas Hendrawan.

Dia yakin ketegangan antara Amien Rais dengan Jokowi bakal segera cair bila nanti memang berkoalisi dalam menyongsong Pilpres 2019. Dia meyakni ada informasi yang keliru diterima mantan ketua MPR tersebut sehingga acap kali melontarkan kritikan pedas.

“Pak Amien itu lulusan Universitas Chicago, salah satu universitas beken di AS. Jadi, tidak asbun. Kalau tiba-tiba seperti tanpa rem, alias blong, mungkin karena data dan info yang diterima keliru. Dan bila keliru, saya percaya, orang sekelas Pak Amien akan berani meminta maaf,” tukasnya.

Loading...
Loading...