Senin, 26 Maret 2018 10:30 WITA

Penduduk Miskin Sulsel Meningkat, Dinsos Beberkan Strategi Jitu

Penulis: Nur Izzati
Editor: Nur Hidayat Said
Penduduk Miskin Sulsel Meningkat, Dinsos Beberkan Strategi Jitu
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kemiskinan masih menjadi masalah yang menyita perhatian banyak kalangan, baik pemerintah, lembaga masyrakat, maupun dan sektor lainnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, jumlah penduduk miskin mengalami peningkatan dari September 2016 ke September 2017.

Per September 2017 penduduk miskin Sulsel berjumlah 825.000 jiwa, meningkat 29.000 ribu jiwa dibandingkan tingkat kemiskinan pada September 2016.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Ilham A Gazaling, mengungkapkan penanganan kemiskinankhususnya di perkotaan memerlukan format yang terintegrasi dalam satu kesatuan program.

"Agar komplementaritas masalah yang selama ini terjadi bisa dituntaskan dengan baik, lebih terukur dan bisa mandiri," ujar Ilham, Senin (26/3/2018).

loading...

Menurut Ilham, kemiskinan merupakan masalah yang cukup kompleks, sehingga penanganannya juga memerlukan strategi jitu dan perlu melibatkan banyak pihak terkait.

Ia menambahkan, dalam sistem perencanaan yang baik, ketersediaan database menjadi sangat penting dan strategis.

"Semuanya harus terarah, karena data yang akurat akan meminimalisir kesalahan sasaran, menentukan prioritas sasaran, termasuk efisiensi dalam pengalokasian anggaran kegiatan," pungkasnya.

Loading...
Loading...