Sabtu, 24 Maret 2018 22:50 WITA

Kampanye Global Earth Hour, Warga Makassar Gelap-gelapan di Monumen Mandala

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
Kampanye Global Earth Hour, Warga Makassar Gelap-gelapan di Monumen Mandala

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kota Makassar kembali berpartisipasi dalam kampanye global Earth Hour. Aksi Ceremonial Switch Off Earth Hour ini dilaksanakan di Monumen Pembebasan Irian Barat (Mandala), pukul 20.30 - 21.30 wita, Sabtu (24/3/2018).

Koordinator Kota Earth Hour Makassar, Muhammad Iqra Tasrif mengatakan, setiap individu yang berpartisipasi di Earth Hour tahun ini diharapkan untuk berkomitmen dalam melakukan AKSI yang relevan untuk menyelamatkan bumi dari ancaman kerusakan akibat sampah.

Ia menambahkan, pihaknya ingin bisa menjadi mitra seluruh stekholder, untuk meningkatkan gerakan hidup sehat dan ramah lingkungan sehingga dapat menjadi gaya hidup baru masyarakat di kota Makassar.

"Earth Hour juga dapat menjadi gerakan yang konsisten dan terlibat langsung dalam membantu masalah-masalah di bidang energi dan lingkungan," katanya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, pihaknya tak bosan untuk mengimbau kepada seluruh 
elemen masyarakat, bahwa kegiatan ini bukanlah gerakan yang hanya melakukan Seremonial individual dan kelompok saja dalam aksi dan pelaksanaannya. 

"Aksi Earth Hour ini tetap eksis sampai sekarang, karena dapat diterima semua masyarakat dengan melakukan aksi kecil untuk perubahan yang besar," kata dia.

loading...

Menurut Iqra, semangat hijau perlu ditingkatkan sehingga menjadi kekuatan, dengan cara mengingatkan kepada orang-orang untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

"Karena dari hal kecil untuk perubahan yang besar. To change climate 
action," katanya.

Berdasarkan pantauan, ratusan masyarakat yang hadir terlihat antusias dalam melakukan kampanye Earth Hour ini. Saat lampu mulai dipadamkan, pihak panitia mulai menyalakan sebanyak 700 lilin yang dibentuk dengan angka 60 +. Masyarakat pun mengabadikan momen tersebut menggunakan ponsel.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar tetap meneruskan komitmennya untuk memadamkan lampu dibeberapa lokasi, diantaranya Monumen Mandala, Anjungan City of Makassar, Lapangan Karebosi, Anjungan Bahari Pantai Losari, Anjungan Bugis Makassar, Anjungan Toraja Mandar, Monumen Tugu Mandiri, hotel-hotel, dan beberapa lampu jalan.
 

Loading...
Loading...