Jumat, 23 Maret 2018 14:42 WITA

BREAKING NEWS

Bos Abu Tours Resmi Tersangka

Penulis: Syukur - Himawan
Editor: Abu Asyraf
Bos Abu Tours Resmi Tersangka
Kadiv Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Soendani (tengah)

RAKYATKU.COM - Pimpinan travel Abu Tours, Hamzah Mamba resmi ditetapkan tersangka oleh Polda Sulsel, Jumat (23/3/2018).

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, bos Abu Tours tersebut diduga melakukan penipuan dan pencucian uang.

Dia disangka melanggar pasal 45 ayat 1 jo pasal 64 ayat 2 UU Penyelenggaraan Haji subsider pasal 372 dan 378 jo pasal 64 ayat 1 KUHP dan pasal 3,4,5, UU tindak pidana pencucian uang.

Sebelum penetapan tersangka, tim penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel menyita sejumlah berkas usai menggeledah kantor Abu Tours yang berada di Jalan Kakatua, Makassar, Jumat (23/3/2018). 

Bos Abu Tours Resmi TersangkaBos Abu Tours Hamzah Mamba (berdiri/tengah belakang) saat diperkenalkan sebagai tersangka, Jumat (23/3/2018).

Polisi mengambil enam kardus yang berisi berkas-berkas dokumen Abu Tours, satu buah keranjang plastik yang juga berisi dokumen, serta satu unit LCD beserta CPU komputer. Penggeledahan selesai pada pukul 12.30 Wita. 

Usai penggeledahan, polisi langsung meninggalkan lokasi. Tim yang berjumlah delapan orang ini enggan berkomentar dan langsung meninggalkan lokasi. 

Begitu pun dengan pihak Abu Tours, hanya ada beberapa sekuriti yang berjaga dan pegawai staf yang menampakkam diri. Mereka pun enggan berkomentar dan terlihat menghindari wartawan yang berada di lokasi. 

Sebelumnya Tim penyidik Ditkrimsus Polda Sulsel menggeledah kantor Abu Tours Travel, Jumat (23/3/2018). Penggeledahan ini dimulai sekira pukul 10.00 wita. 

Ada dua kantor Abu Tours yang digeledah yang masing-masing beralamat di Jalan Baji Gau dan kantor pusat di Kakatua. Khusus untuk kantor pusat, tim penyidik dari ditkrimsus dipimpin langsung Kasubdit II, Fiskal, Moneter, dan Devisa (Fismondev) Cyber Crime, Kompol Wirdhanto Hadicaksono.