Kamis, 22 Maret 2018 23:44 WITA

Hujan Deras, Banjir Jadi Hal Pasti di Mamuju

Penulis: Harno Nanda Rohedy
Editor: Nur Hidayat Said
Hujan Deras, Banjir Jadi Hal Pasti di Mamuju
Banjir di Mamuju.

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Hampir dapat dipastikan, setiap kali hujan deras mengguyur Kota Mamuju, Sulbar, selalu berakibat banjir. Kondisi ini kembali terjadi Kamis, (22/3/2018). 

Musa, salah seorang warga berharap adanya drainase lebih besar yang dapat menyalurkan debit air setiap kali hujan mengguyur.

"Mestinya ada drainase yang memotong di Simpang Empat, seperti kami ini di sekitar Pasar Baru, jadi air akan langsung ke kanal. Bukan berbelok ke jalur (Jalan) Hapati Hasan, yang tepat berada di depan rumah dinas Pak Kapolda," paparnya.

Warga meminta pihak terkait juga memperhatikan debit air yang melimpah dari Jalan Soekarno Hatta, atau depan kantor KPU Provinsi Sulbar, "Banjir di Jalan M Karim II ini, antara lain karena di Soekarno Hatta atas itu tidak ada selokan, atau drainase. Jadi limpahan air dari sana semua mengarah ke sini," ujarnya.

Pantauan Rakyatku.com titik terparah di sekitar Karema dan Simbuang area Perum Bulog. Jalur Jenderal Sudirman yang terbilang sangat sibuk setiap hari mengalami kondisi paling mengenaskan. Warga yang tinggal di kawasan ini terjebak banjir hingga dada orang dewasa.

Hujan Deras, Banjir Jadi Hal Pasti di Mamuju

Sejumlah aparat kepolisian dan TNI terlihat turun mengamankan sejumlah ruas jalan. Beberapa petugas Damkar dan staf penanggulangan bencana daerah bergerak mengevuasi warga. 

Mereka juga meminta pelintas untuk berbalik arah karena Jalan Jenderal mulai dari SDN Karema hingga SPBU Simbuang tergenang parah. Puluhan mobil terjebak tak bisa dipindahkan pemiliknya.