Rabu, 21 Maret 2018 21:45 WITA

Dibuat Bersejarah, Begini Konsep Pelantikan Prof Dwia sebagai Rektor Unhas Periode Kedua

Editor: Abu Asyraf
Dibuat Bersejarah, Begini Konsep Pelantikan Prof Dwia sebagai Rektor Unhas Periode Kedua
Prof Dwia Tina Aries Pulubuhu

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pelantikan Prof Dwia Tina Aries Pulubuhu sebagai rektor Unhas periode 2018-2022 akan digelar pada Kamis (19/4/2018). Kepastian ini diperoleh usai Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas mengadakan rapat bersama panitia pemilihan rektor, Rabu (21/3/2018).

Ketua MWA Unhas, Prof Basri Hasanuddin mengatakan, penetapan jadwal ini didasarkan pada pertimbangan waktu bagi seluruh anggota MWA. Berdasarkan statuta Unhas sebagai PTN Badan Hukum, pelantikan Rektor akan dilakukan oleh MWA. Acara pelantikan akan digelar di Baruga AP Pettarani Unhas.

“Pelantikan ini merupakan momentum yang sangat berharga bagi Unhas. Sebab inilah untuk pertama kalinya dalam 62 tahun sejarah Unhas, rektor Unhas akan dilantik langsung oleh Majelis Wali Amanat," ujar Basri Hasanuddin yang juga mantan rektor Unhas ini. 

Panitia Pemilihan Rektor berencana mengundang berbagai pihak, baik civitas akademika, mitra-mitra Unhas, alumni, serta kalangan internal dan eksternal Unhas.  

Di antara pihak eksternal yang akan diundang adalah para kepala daerah se-Sulawesi Selatan, para calon gubernur Sulawesi Selatan, mitra-mitra Unhas dari kalangan perbankan, pihak swasta, serta para rektor perguruan tinggi negeri dan swasta di Sulawesi Selatan.

Perjalanan Prof Dwia dalam menjadi rektor periode kedua ini terbilang mulus. Dari beberapa tahapan yang dilaluia, Prof Dwia tidak menemui kendala berarti. Sewaktu pemilihan di senat akademik untuk menentukan tiga calon rektor Unhas, Dwia memenangkan pemilihan ini dengan meraup suara sebanyak 79 suara senat akademik Unhas dari 82 anggota senat yang hadir. 

Begitupun pada tahap akhir pemilihan di tingkat MWA, Prof Dwia dipilih oleh anggota MWA secara musyawarah mufakat. Prof Dwia berhasil mengalahkan Prof Abrar Saleng dan Muhammad Ramli untuk menjadi orang nomor satu di kampus merah tersebut hingga tahun 2022.