Rabu, 21 Maret 2018 00:02 WITA

Hanya 17 TV Kabel di Soppeng yang Kantongi Izin

Editor: Fathul Khair Akmal
Hanya 17 TV Kabel di Soppeng yang Kantongi Izin

RAKYATKU.COM,SOPPENG - Sebanyak 28 pemilik usaha TV kabel di Kabupaten Soppeng diketahui belum mengantongi Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) yang diterbitkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID).

Di Kabupaten Soppeng, ada 55 pemilik usaha TV kabel yang telah beroperasi di rumah-rumah warga. Namun setelah pihak KPID turun ke Soppeng beberapa waktu lalu untuk melakukan pemeriksaan, didapati jika hanya 17 TV kabel yang beroperasi secara legal atau mengantongi izin resmi.

"Dari 55 TV kabel yang ada, hanya 17 yang berizin, karena mereka telah bergabung ke dalam sebuah grup yang memang telah mengantongi IPP," jelas Kadis Kominfo Pemkab Soppeng, Fitrahtuddin.

Lanjutnya, setelah hal tersebut diketahui ke 28 TV kabel yang masih berstatus ilegal tersebut diminta untuk membuat dan menandatangi surat pernyataan untuk membuat IPP. Setelah itu pihak Kominfo akan menyampaikan hal tersebut kepada KPID untuk segera dilakukan pembimbingan.

"Pihak KPID akan kembali ke Soppeng untuk melakukan pembimbingan kepada pemilik usaha TV kabel tersebut. Dimana jadwalnya mereka (KPID) yang tentukan," tambahnya.

Namun bagi 28 pemilik usaha TV kabel tersebut, juga bisa bergabung dengan grup TV kabel yang telah memiliki IPP dari KPID. "Jika nanti setelah dilakukan pembimbingan masih ada yang membandel. dan belum mengurus izin, maka akan dijatuhi sanksi dari KPID. Sanksinya bisa berupa pidana dan penyitaan alat-alat," tambahnya.

Ditambahkannya, pihak Kominfo Soppeng dari jauh hari telah melakukan pembinaan kepada seluruh pemilik usaha TV kabel untuk menerbitkan izin agar mereka bisa melakukan penyiaran secara legal.

"Ini merupakan wujud pembinaan dari Dinas Kominfo sebagai pembina para pemilik usaha TV kabel," tutupnya.