Selasa, 20 Maret 2018 11:35 WITA

Imigrasi Parepare Musnahkan Arsif in Aktif 2014-2015

Editor: Adil Patawai Anar
Imigrasi Parepare Musnahkan Arsif in Aktif 2014-2015

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Kantor Imigrasi Kelas II Parepare melaksanakan pemusnahan arsip in aktif tahun 2014-2015. Kegiatan pemusnahan arsip dilaksanakan dilakukan secara simbolis di halaman Kantor Imigrasi Kelas II Parepare oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Parepare, Letehina  dan  disaksikan oleh  sejumlah pejabat  Imigrasi Parepare dan perwakilan dari  Divisi Yankum Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi-Selatan, Selasa (20/3/2018). 

Letehina memaparkan, penghapusan Arsip in aktif yang dimusnahkan dengan metode pembakaran adalah arsip di tahun 2014 sampai 2015 dengan jumlah arsip 44.805.

"Dengan besarnya jumlah arsip pemohon paspor di kantor imigrasi kelas II Parepare tentu saja membawa konsekuensi logis terkait dengan penyediaan ruang simpan, sarana kearsipan, tanaga pengelola waktu dan biaya serta layanan arsip itu sendiri," jelas dia. 

Letehina memaparkan Jumlah arsip yang begitu banyak di Kantor Imigrasi Kelas II Parepare juga pastinya mempengaruhi tingkat kecepatan dalam penemuan kembali arsip. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya in-efisiensi/pemborosan baik dan dalam rangka peningkatan layanan kearsipan maka dilakukan pemusnahan arsip.

"Intinya cuma fisiknya saja yang dimusnahkan  sementara data elektroniknya telah dibackup di jaringan imigrasi pusat," terang dia. 

Terpisah Kepala Bidang Intelijen Penindakan dan Sisinfokim Kantor Wilayah Sulawesi Selatan, Uus. Muchtizar mengungkapkan, melalui kegiatan pemusnahan arsip ini  diharapkan dapat lebih menertibkan kegiatan administrasi kearsipan dalam menunjang kelancaran proses manajemen, meningkatkan efisiensi penggunaan ruang dan peralatan penyimpanan arsip. 

"Yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kinerja pada kantor Imigrasi kelas II Parepare," harapnya.