Selasa, 20 Maret 2018 11:18 WITA

SYL Serahkan LKPD Pemprov Sulsel ke BPK

Editor: Adil Patawai Anar
SYL Serahkan LKPD Pemprov Sulsel ke BPK

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Sulsel tahun 2017 kepada Kepala Perwakilan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Sulsel Widyatmantoro, di kantor BPK Sulsel, Selasa (20/3/2018).

Setelah BPK Sulsel menerima LKPD Pemprov Sulsel, maka BPK akan menyampaikan kepada DPRD Sulsel paling lambat 2 bulan seteleh menerima LKPD dari Pemprov Sulsel.

Dengan demikian, mulai hari ini BPK perwakilan Sulsel akan segera menugaskan pemeriksa terbaiknya, untuk melaksanakan pemeriksaan keuangan daerah Pemprov Sulsel.

Dari hasil pemeriksaan LKPD miliki Pemprov Sulsel tersebut, maka BPK akan memberikan opini. Opini laporan keuangan terdiri dari empat jenis, yaitu, opini wajar tanpa pengecualian, opini wajar dengan pengecualian, opini tidak wajar, dan opini tidak memberikan pendapat.

Seperti diketahui, Pemprov Sulsel telah mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) sebanyak 7 kali. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo berharap tahun ini Sulsel kembali mendapatkan WTP untuk 8 kalinya. 

"Kita tetap berharap bisa mempertahankan WTP yang sudah di raih 7 kali. Kita inginkan tahun ini kembali mendapatkan WTP 8 kali," ujar SYL.

Selain itu, SYL mengatakan peranan BPK sangat penting agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik, Ia juga meminta saran BPK apa yang haru dilakukan dan tidak.

"BPK bantu kami apa yang boleh dan apa yang tidak, walaupun saya mau berakhir, dan negara ini bisa baik kalau BPK hadir," kata SYL.