Selasa, 20 Maret 2018 07:15 WITA

Menderita Penyakit Aneh, Tubuh Pensiunan Ini Seperti Hulk

Editor: Aswad Syam
Menderita Penyakit Aneh, Tubuh Pensiunan Ini Seperti Hulk
Mr Tan terlihat seperti Hulk.

RAKYATKU.COM, TIONGKOK - Pensiunan ini harus menenggak satu liter anggur beras setiap hari selama 30 tahun, setelah didiagnosis penyakit langka yang membuatnya terlihat seperti Hulk.

Tuan Tan mulai minum saat berusia 13 tahun, tetapi pada saat dia berusia 40 tahun, dia menenggak setidaknya satu liter anggur beras yang dia minum seperti air.

Pria berusia 68 tahun itu, kini telah didiagnosis menderita penyakit Madelung - juga dikenal sebagai lipomatosis simetris - yang ditandai dengan pertumbuhan timbunan lemak, terutama di sekitar leher dan bahu.

"Apakah itu akibat minum berat yang lama dan kebanyakan menderita oleh pria paruh baya," ujar dr Xiao Xuping bersama Rumah Sakit Rakyat Provinsi Hunan di Changsh.

Tan, yang lehernya lebih tebal dari pinggang rata-rata pria, mengatakan, dia pertama kali melihat benjolan lemak kecil berkembang di tubuh bagian atasnya pada tahun 1997.

Antara saat itu dan 2011 lehernya membengkak hingga saat ini.

Dia mengunjungi dokter tentang kondisi tersebut, namun diberitahu untuk tidak khawatir kecuali penyakit tersebut mulai mempengaruhi pernapasannya, yang terjadi menjelang akhir 2017.

"Deposito lemak jinak mulai membatasi jalan napas saya, dan juga menyebabkan saya sakit," kata Tan.

Dokter Xiao sedang merencanakan resesi bedah untuk pertumbuhan Tan, yang mungkin termasuk liposuction.

Namun, kekambuhan benjolan lemak bisa diperkirakan kecuali Tuan Tan berhenti minum.

"Hanya ada 400 kasus kasus penyakit ini di seluruh dunia," kata Dokter Xiao, menambahkan: "Sekitar 200 dari mereka telah terjadi di Tiongkok."

Tan telah dibandingkan dengan superhero hijau besar Marvel 'The Hulk', karena benjolan lemak di leher dan bahunya, yang mungkin juga keliru untuk otot.