Rabu, 15 Juni 2016 19:08 WITA

Pengalihan Pengelolaan SMA, Nilai Aset Pemprov Sulsel Menjadi Rp18 Triliun

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Adil Patawai Anar
Pengalihan Pengelolaan SMA, Nilai Aset Pemprov Sulsel Menjadi Rp18 Triliun

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Proses verifikasi data Aset SMA/Sederajat yang telah diterima Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dari kabupaten/kota beberapa waktu lalu terus berjalan.

Kepala Biro Aset Pemprov Sulsel, Ahmadi Akil mengungkapkan, saat ini berdasarkan data yang telah diserahkan, nilai aset yang telah terhitung saat ini mencapai Rp9 triliun.

Namun, nilai itu baru 50 persen dari keseluruhan aset SMA yang dialihkan ke Pemprov Sulsel. Hal ini dikarenakan masih ada 50 persen data aset tidak disertai data nilai barang sehingga masih butuh diverifikasi dan penaksiran nilai.

"Yang ada nilainya dan sudah diserahkan jumlahnya mencapai Rp9 triliun, dan sisanya 50 persen belum memiliki nilai. Kalau di kali dua jumlah penambahan aset pemprov mencapai Rp18 triliun," kata Ahmadi Akil, saat ditemui di ruangannya, Rabu (15/6/2016).

loading...

Saat ini aset yang dikuasai pemprov hanya sekitar Rp13 triliun lebih. Sehingga, jika aset SMA/sederajat yang dialihkan ini masuk dalam neraca pemprov, bisa dipastikan kekayaan atau nilai aset Pemprov meningkat sebanyak 120 persen.

"Ini lebih besar tambahannya dari pada nilai aset Pemprov yang ada saat ini. Aset pemprov itu cuma Rp13 triliun, sedangkan tambahannya kalau masuk semua nilai asetnya bisa mencapai Rp18 triliunan," jelas Ahmadi.

Disamping itu, ia juga menyebutkan, nilai yang sangat besar ini berasal dari taksiran harga bangunan dan tanah dari jumlah sekolah 1.075 Unit, dengan rincian 560 SMA, 439 SMK dan 76 Sekolah Berkebutuhan Khusus (PKPLK) di 24 kabupaten/kota.

Loading...
Loading...