Senin, 19 Maret 2018 16:32 WITA

Kapolres, Kajari, dan Ketua DPRD Pangkep Bahas Pengentasan Kemiskinan di Warkop

Editor: Abu Asyraf
Kapolres, Kajari, dan Ketua DPRD Pangkep Bahas Pengentasan Kemiskinan di Warkop
Unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Pangkep mengopi bareng di salah satu warkop, Senin (19/3/2019).

RAKYATKU.COM - Unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Pangkep mengopi bareng di salah satu warkop, Senin (19/3/2019). Mereka membicarakan langkah nyata untuk mendorong visi misi Pemkab Pangkep dalam pengentasan kemiskinan.

Mengawali pembicaraan, Kapolres Pangkep AKBP Bambang Wijanarko mengaku sangat tertarik dengan misi Pemkab terkait kolaborasi untuk mengentaskan kemiskinan melalui pembangunan desa yang modern dan berkarakter.

"Saya terpancing dengan tema HUT Pangkep yang lalu, dimana cita-citanya adalah mengentaskan kemiskinan, melalui pembangunan desa. Sekarang bagaimana kita sampai ke titik itu," ujar Bambang.

Dikatakan Bambang, slogan merupakan cita-cita. Ia pun mengajak unsur Forkopimda untuk bersama-sama mendatangi camat dan lurah, mencari tahu dimana masalah dan kerawanannya. Ini bagian upaya berkolaborasi mendorong kemandirian desa di Pangkep.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Pangkep, Firmansyah Subhan mengusulkan adanya penelusuran terkait visi misi kepala desa sebelum maju dalam pilkades untuk dijadikan acuan. "Sehingga ada kompas melakukan kegiatan sesuai dengan visi dan misi desa," ungkap Firmansyah.

Ketua DPRD Pangkep, Andi Ilham Zaenuddin mengutakan, visi misi tersebut didesain tanpa menghilangkan karakter dan budaya masyarakat suku Bugis-Makassar, yakni taro ada taro gau.

"Sehingga pemanfaatan dana desa dengan mendorong Bumdes sangat perlu dilakukan, agar tidak lepas dari karakter yang dimiliki desa, jangan dilupakan. Modern berarti tidak menggunakan lagi cara lama, mengurus tidak harus lagi ke kantor Disdukcapil. Ke puskesmas tidak perlu lagi naik pete-pete, dan seterusnya," ungkap Ilham.
 

Tags