Rabu, 14 Maret 2018 21:30 WITA

Kisah Petani Damin, 11 Bulan Keliling Indonesia dengan Modal Rp130 Ribu

Penulis: Muh Ikhlas
Editor: Abu Asyraf
Kisah Petani Damin, 11 Bulan Keliling Indonesia dengan Modal Rp130 Ribu
Damin keliling Indonesia dengan naik sepeda.

RAKYATKU.COM,SOPPENG - Selama mengelilingi 17 provinsi di Indonesia, Damin (43) warga asal Lampung, memiliki berbagai cerita seru. Dalam perjalanan 11 bulan terakhir, dia pernah tersesat empat hari di wilayah tak berpenghuni.

Menurutnya, setiap wilayah yang ia lewati memiliki ceritanya masing-masing. Namun salah satu daerah yang paling berkesan adalah Kalimantan. Banyaknya tanjakan di daerah tersebut membuatnya kadang kepayahan mengayuh sepeda ontel miliknya.

"Saat berada di Kalimantan, saya lupa tepatnya di daerah mana, saya pernah tersesat empat hari di daerah yang tidak memiliki pemukiman. Terpaksa pada saat itu saya menginap di sebuah hutan," ceritanya sembari tertawa.

Sementara di Sulawesi Selatan, ia mengaku takjub dengan negeri di atas awan Lolai, di Toraja Utara. Dia juga terkesan Kabupaten Soppeng dengan kelelawarnya.

"Kok bisa yah ada kelelawar di tengah kota. Seluruh daerah yang saya datangi belum ada tempat kayak gini," ungkapnya.

Selama beberapa menit ia mengabadikan pemandangan kelelawar yang ada di Kabupaten Soppeng dengan kamera ponselnya.

Setelah puas berfoto, pria yang di kampung halamannya bekerja sebagai petani tersebut kembali menceritakan kisahnya. Selama 11 bulan perjalanan mengayuh sepeda, dia sudah menghabiskan tiga pasang ban dan 12 buah rantai sepeda.

"Dalam sehari jika kondisi jalan tidak terlalu banyak tanjakan, saya bisa menempuh jalur sepanjang 80 kilometer, tetapi kalau tanjakannya banyak, saya hanya bisa 30 sampai 40 kilometer," jelasnya.

Dengan bermodal uang Rp130 ribu di kantongnya, dia mampu melalui perjalanan berkat keramahan dari setiap warga di daerah yang dia lalui. Jika beruntung, kadang dia difasilitasi untuk bertemu dengan bupati ataupun wali kota di suatu daerah.

"Hampir setiap daerah, selalu ada komunitas yang sambut. Biasa dikasih tempat nginap, dikasih makan. Biasa juga gak ada yang sambut. Jadinya sering nginap di masjid," ungkapnya.

Selama perjalanan, dia mengaku belum pernah naik mobil ataupun motor. Padahal, dia sering ditawari polisi yang melihatnya lantaran kasihan. "Ngga mkau saya. Saya udah nazar untuk naik sepeda doang," katanya.

Damin berencana melanjutkan perjalanan ke Makassar, Kamis (15/3/2018). Sebelumnya, dia berencana mengunjungi Desa Umpungung, Soppeng, yang merupakan titik nol Indonesia.

"Setelah dari Sulawesi, saya mau nyeberang ke Papua. Di sana mau lama-lama, kata orang di sana indah. Terus lanjut ke NTB dan mau finis di Jakarta," ungkapnya.

Damin telah menyusuri 17 provinsi di Indonesia selama kurang lebih 11 bulan. Provinsi tersebut diantaranya Lampung, Palembang, Jambi, Riau, Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Banten, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.