Rabu, 14 Maret 2018 18:52 WITA

Sembuh dari Lumpuh, Damin Sudah Kelilingi 17 Provinsi dengan Menggunakan Sepeda Ontel

Penulis: Muh Ikhlas
Editor: Mulyadi Abdillah
Sembuh dari Lumpuh, Damin Sudah Kelilingi 17 Provinsi dengan Menggunakan Sepeda Ontel
Damin saat berada di Taman Kalong, Kabupaten Soppeng.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Damin (43), seorang warga asal Desa Sinar Pasemah, Candipuro, Lampung Selatan telah tiba di Kabupaten Soppeng usai menyusuri 17 provinsi dengan menggunakan sepeda, Rabu (14/3/2018).

Saat ditemui di Taman Kalong, pria tersebut terlihat sangat bersemangat. Dari penuturannya, Ia melakukan ini semua untuk membayar sebuah nazar yang telah diucapkan pada tahun 2008 lalu.

Bermula dari dirinya terlibat kecelakaan pada tahun 2008 silam yang membuat kedua kakinya patah, sehingga harus mengalami kelumpuhan. Di tengah kondisinya tersebut, Ia berjanji untuk mengelilingi Indonesia dengan hanya mengayuh sepeda jika diberikan kesembuhan oleh Tuhan.

"Dan benar, doa saya dijawab. Pada tahun 2012 kedua kaki saya sembuh. Namun saya baru sempat memulai perjalanan pada 28 April 2017 lalu," ceritanya.

Lanjutnya, saat memulai perjalanan untuk membayar nazarnya ini, Ia terpaksa harus meninggalkan seorang istri dan 2 orang anaknya di kampung. Namun berkat dukungan dari mereka sehingga, Ia tetap bertekad melakukan perjalanan yang tergolong extreme ini.

Yang paling mengejutkan, Ia memulai perjalanannya hanya dengan bermodalkan uang Rp 130 ribu. Ia memang tahu jika uang tersebut sangatlah tidak cukup untuknya di perjalanan, namun Ia percaya jika Indonesia merupakan rumahnya.

"Selain untuk membayar nazar, saya juga ingin membagikan pesan bagi para pengguna jalan agar tertib berlalu lintas, agar tidak mengalami kejadian seperti saya," paparnya sembari tersenyum.