Rabu, 14 Maret 2018 15:53 WITA

10 Tahun Dipimpin SYL, Dunia Wirausaha Sulsel Tumbuh Pesat

Editor: Adil Patawai Anar
10 Tahun Dipimpin SYL, Dunia Wirausaha Sulsel Tumbuh Pesat
Syahrul Yasin Limpo (SYL).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - 10 tahun Syahrul Yasin Limpo memimpin Sulawesi Selatan, membawa berbagai perubahan bagi masyarakat. Salah satunya pada pertumbuhan ekonomi rakyat, baik melalui Koperasi maupun Usaha Kecil Menengah.

Pertumbuhan usaha kerakyatan melalui koperasi maupun UKM terbukti telah mendongkrak pertumbuhan perekonomian Sulsel, yang saat ini mencapai 7,23 persen. Angka ini melebihi pertumbuhan perekonomian secara nasional, yang hanya 5-6 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Sulsel tentu tidak lepas dari partisipasi koperasi dan UKM di Sulsel, karena keduanya merupakan sektor usaha rakyat. Koperasi merupakan kumpulan orang yang berusaha, sedangkan UKM adalah individu yang berusaha. Dan UKM bisa bagian dari koperasi," jelas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal kepada Rakyatku.com.

10 Tahun Dipimpin SYL, Dunia Wirausaha Sulsel Tumbuh Pesat

Dibandingkan 10 tahun lalu, awal SYL memimpin Sulsel, pertumbuhan usaha kerakyatan kini meningkat pesat. Pada 2008 silam, usaha rakyat Sulsel masih bermain di bawah 1,5 persen. Sementara untuk tembus ke kelas dunia, atau usaha lintas negara sangatlah minim.

Sedangkan di 2018, tercatat pertumbuhan usaha rakyat sudah mencapai 6 hingga 7 persen. Angka tersebut jauh dari persentase nasional yang masih berada di angka 3,6 persen. Mencapai hal ini tentunya tidak mudah. Dengan merangkul semua pihak terkait, seperti pemerintah daerah, perguruan tinggi, koperasi, dan asosiasi, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menciptakan wirausaha baru di daerah-daerah, sehingga usaha kerakyatan Sulsel dapat meningkat pesat.

"Ada program Pak Gubernur (SYL) lima terakhir itu yakni menciptakan 100 wirausaha baru setiap desa di Sulsel. Sedangkan desa dan kelurahan di Sulsel ada 3.000 lebih, artinya jika itu terpenuhi akan tercipta usaha baru sebanyak 300 ribu. Masuk tahun keempat ini, enterpreneur atau wirausaha baru yang kita ciptakan bersama pihak terkait sudah mencapai 360 ribu. Tahun ke lima ini kita belum hitung karena baru kita bekerja," jelas Abdul Malik.

10 Tahun Dipimpin SYL, Dunia Wirausaha Sulsel Tumbuh Pesat

Selain mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sulsel, melalui pertumbuhan usaha-usaha rakyat ini, menciptakan keseimbangan antara uang yang berputar di atas dan di bawah. Sehingga Gini Ratio di Sulsel tidak tinggi.

"Karena meskipun uang besar banyak, tapi uang di bawah tetap tumbuh. Seakan-akan ada keseimbangan," tambahnya.

Namun, pertumbuhan wirausaha ini belum bisa dibandingkan dengan negara-negara maju. Namun SYL, kata Malik, ingin mengejar kesuksesan negara-negara maju tersebut. Di Amerika, lanjut Malik, jumlah wirausahawannya mencapai 12 persen dari total penduduk, dan masuk kelas dunia atau lintas negara.

10 Tahun Dipimpin SYL, Dunia Wirausaha Sulsel Tumbuh Pesat

Sementara wirausaha kelas dunia di Indonesia masih di bawah 1 persen, begitupun Sulsel. Meski begitu, Sulsel masih berada di atas nasional, dan saat ini ekspor produk unggulan terus tumbuh dan diharapkan semakin meningkat. 

"Dibandingkan dengan 7 tahun lalu sangat jauh. Selama pak Syahrul memimpin, pertumbuhan dunia UKM kita sangat luar biasa. Untuk mengejar negara maju, tentunya harus ada kesadaran dari masyarakat, untuk mulai merubah mindsetnya dalam mendidik anak-anaknya. Jangan bagaimana mengejar pegawai atau PNS, tapi bagaimana menjadi wirausawan," tutupnya.