Rabu, 14 Maret 2018 15:28 WITA

2019, PLN Targetkan Seluruh Desa dan Pulau di Sulsel Teraliri Listrik

Penulis: Azwar Basir
Editor: Adil Patawai Anar
2019, PLN Targetkan Seluruh Desa dan Pulau di Sulsel Teraliri Listrik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - GM PLN Wilayah Sulselbar, Bambang Yusuf mengungkapkan,sampai saat ini listrik yang ada di Sulsel mengalami surplus sebanyak 200 megawatt. 

Bahkan listrik di Sulsel akan terus bertambah seiring dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Jeneponto. 

Listrik yang dihasilkan dari PLTB di Sidrap mencapai 73 megawatt sementara listrik yang dihasilkan dari PLTB di Kabupaten Jeneponto mencapai 60 megawatt. Jika semua listrik masuk dari Jeneponto dan Sidrap maka listrik akan bertambah 133 megawatt. 

Untuk itu, surplus listrik di Sulsel setelah PLTB Sidrap dan PLTB Jeneponto beroperasi mencapai 333 megawatt.

"Kondisi kelistrikan di Sulsel Sudah sangat baik bahkan surplus kita 200 megawatt. Kalau masuk listrik di Jeneponto dan Sidrap berarti bertambah lagi. Di Jeneponto diharapkan masuk sekitar 60 mw, sementara untuk Sidrap 73 megawatt, " ujar Bambang Yusuf, Kamis (14/3/2018). 

Meskipun listrik di Sulsel mengalami surplus, namun ternyata masih banyak daerah di Sulsel yang tidak terjangkau listrik. Setiap malam daerah yang tidak terjangkau listrik tersebut harus mencari lilin sebagai alat penerangan. 

"Kita tidak bisa pungkiri memang masih ada beberapa desa di Sulsel yang belum teraliri listrik, tapi tinggal beberapa desa, kita targetkan 2019 mendatang semua desa dan pulau-pulau terpencil bisa teraliri listrik. Tidak ada lagi desa yang tidak terjangkau dari listrik di 2019, " katanya. 

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta, kepada PLN untuk segera mengatasi persoalan tersebut, sebab menurutnya listrik merupakan kebutuhan yang paling utama bagi masyarakat. 

"Listrik itu sangat penting dan strategis untuk itu PLN harus berfikir demi kepentingan masyarakat. Kita semua yang mengurus kepentingan publik termasuk PLN adalah membuat rakyat makin sejahtera," tutupnya.