Rabu, 14 Maret 2018 14:35 WITA

1.400 Usulan Warga Sidrap Disepakati di Musrenbang RKPD

Editor: Aswad Syam
1.400 Usulan Warga Sidrap Disepakati di Musrenbang RKPD
Kegiatan Musrenbang RKPD Sidrap, Rabu (14/3/2018).

RAKYATKU.COM, SIDRAP -- Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018, Rabu (14/3/2018).

Musrenbang ini sangat penting, sebagai forum musyawarah bagi semua pihak, untuk merumuskan program pembangunan daerah ke depan.

Kepala Bappeda Sidrap Awaluddin mengatakan, Musrenbang RKPD ini dilaksanakan di tingkat kabupaten ini, bertujuan menyusun Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019 

Kita tinggal menyepakati usulan masyarakat di tingkat desa, kecamatan hingga di Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Ada 1.400 usulan masyarakat yang kita sepakati dan dikerja tahun 2019. Sudah kita pilah-pilah mana yang dibiayai provinsi dan mana yang dibiayai Pemerintah Pusat," ungkap Awaluddin.

"Tujuannya agar tercipta satu pandangan dan persepsi yang sama, demi mengantisipasi tantangan dan peluang pembangunan yang dihadapi di masa mendatang," katanya dalam rilis yang diterima Rakyatku.com sesaat lalu. 

Sementara Sekretaris Daerah, Sudirman Bungi mengatakan, Musrembang RKPD yang diselenggarakan saat ini, merupakan implementasi amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun tentang Sistem Perencanaan Pembangunan 2004 Nomor 86 Nasional.

Musrenbang ini juga dilakukan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata, evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah, dan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

"Oleh karena itu, apa yang akan kita lakukan ini tentunya sangat penting dan bernilai strategis, dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Awaluddin.