Rabu, 14 Maret 2018 12:54 WITA

Sebelum Meninggal Dunia, Stephen Hawking Bagikan Tesisnya tentang Alam Semesta

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sebelum Meninggal Dunia, Stephen Hawking Bagikan Tesisnya tentang Alam Semesta

RAKYATKU.COM - Ahli fisika dan kosmologi, Stephen Hawking meninggal dunia di usia 76 tahun, Selasa waktu setempat (13/3/2018). Kabar dari anak-anak Hawking ini mengejutkan dunia.

Namun sebelum berpulang, Hawking memberikan ilmu pengetahuannya kepada dunia. Tesisnya soal alam semesta yang ditulis lebih dari 50 tahun yang lalu bisa diakses di dunia maya.

"Dengan membuat tesis PhD Open Access, saya berharap bisa menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk melihat bintang-bintang dan tidak berada di bawah kaki mereka; untuk bertanya-tanya tentang tempat kita di alam semesta dan untuk mencoba dan memahami kosmos," kata Hawking dalam sebuah pernyataan, dikutip Mashable, Oktober 2017.

"Siapa pun, di manapun di dunia ini telah memiliki akses bebas dan tidak terhalang untuk tidak hanya penelitian saya, namun juga untuk meneliti setiap pemikiran besar dan penuh pemikiran di seluruh spektrum pemahaman manusia," katanya.

Tesis berjudul Properties of expanding universe tahun 1966 itu adalah item yang paling banyak diminta di gudang akses terbuka Universitas Cambridge. Dalam beberapa bulan terakhir, ratusan pembaca telah mengajukan permintaan untuk mendownload keseluruhan skripsi. 

Perpustakaan Universitas Cambridge yang menyimpan makalah fisik ilmuwan seperti Isaac Newton dan Charles Darwin dan telah membuat data penelitian mereka tersedia secara online.