Rabu, 15 Juni 2016 11:44 WITA

KKBMS Temui Danny, Program Listrik Berbasis Sampah Bakal Dimulai

Penulis: Trio Rimbawan
Editor: Adil Patawai Anar
KKBMS Temui Danny, Program Listrik Berbasis Sampah Bakal Dimulai

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementrian Koordinator Bidang Maritim Sumberdaya Republik Indonesia(KKBMS-RI) menemui Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, di Rumah Jabatan, Jalan Penghibur, Rabu (15/6/2016).

Pertemuan tersebut membahas terkait program percepatan pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah, dimana Kota Makassar menjadi salah satu kota yang bakal menjalankan program ini di Indonesia.

"Makassar masuk dalam daftar kami sebagai kota diluar Jawa yang masuk untuk program percepatan pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah," tutur Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Pertambangan dan Energi KKBMS RI, Yudi Prabangkara.

Terkait dengan bagaimana peran dari KKBMS RI untuk pembangunan proyek ini, pihaknya menyerahkan kepada Pemkot Makassar.

"Kami serahkan ke pemkot kira-kira bagaimana sistem bantuannya dari pusat nanti dan kita akan diskusikan lebih lanjut," jelasnya.

Adapun 7 daerah yang masuk dalam daftar kementrian untuk program pembangkit tenaga listrik berbasis sampah, diantaranya DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya dan Kota Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto, menjelaskan, selain TPA Antang bakal dibuat TPA bintang 5, Makassar juga mengunggulkan program sampah tukar beras melalui Bank Sampah. Bahkan Bank Sampah di kota ini sudah mencapai 350 unit se-Kota Makassar.

"Kami juga sedang on the track membuat TPA bintang 5, dan memang voas sekali jika kita buat pembangkit tenaga listrik berbasis sampah, apalagi sampah disana sudah masak sehingga gas metan sangat baik untuk pembangkit listrik," kata Danny.

Pantauan Rakyatku.com, selain membicarakan progres pengelolaan sampah dan TPA berbintang 5 yang bakal menjadi tempat pembangunan pembangkit tenaga listrik dengan berbasis sampah. 

Juga dibahas secara detail tentang bagaimana keterlibatan dan peran pemerintah pusat dalam pembangunan program pemanfaatan sampah ini dari sisi bantuan anggaran dari pemerintah pusat sendiri.

Loading...
Loading...