Selasa, 13 Maret 2018 22:30 WITA

Baru Dua Daerah di Sulsel yang Setor LKPD

Penulis: Azwar Basir
Editor: Fathul Khair Akmal
Baru Dua Daerah di Sulsel yang Setor LKPD

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan (BPK) Sulsel, Widyatmanto mengungkapkan, sampai pertengahan Maret tahun ini, baru dua daerah di Sulsel yang menyetor Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Padahal, batas waktu yang diberikan oleh BPK untuk menyetor LKPD sampai 31 Maret mendatang. Widyatmanto pun meminta kepada seluruh daerah yang belum menyetor untuk segera merampungkan LKPD tersebut.

"Baru dua daerah yang menyetor LKPD, yaitu Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare, tapi yang penting daerah itu tidak melewati jangka waktu yang diberikan," ujar Widyatmanto, Selasa (13/3/2018).

Widyatmanto melanjutkan, saat ini pemeriksaan terhadap laporan keuangan setiap daerah rutin dilaksanakan. Visi misi BPK dalam memeriksa laporan keuangan daerah tetap sesuai dengan prosedur.

"Kita secara rutin harus memeriksa sesuai aturan, visi misi BPK,  kalau bisa diperiksa dua sampai tiga kali, masalah apa yang perlu diperbaiki," ucapnya. 

Untuk memperoleh predikat opini WTP katanya, harus memiliki perhitungan dengan rumus tertentu. Termasuk catatan rekomendasi tahun sebelumnya,  jika tidak atau terlambat akan mempengaruhi hasil berikutnya.

"Yang paling penting adalah, apa yang dikeluarkan bisa dipertanggung jawabkan, BPK pada prinsipnya bertugas untuk memotret saja," tutupnya. 

Tags