Selasa, 13 Maret 2018 15:44 WITA

Bupati Maros Launching Program Gemas di RSUD Salewangan

Penulis: Muh. Basri
Editor: Adil Patawai Anar
Bupati Maros Launching Program Gemas di RSUD Salewangan

RAKYATKU.COM, MAROS - Bupati Maros, HM Hatta Rahman melaunching program Gerakan Melayani dengan Senyum (Gemas) di RSUD Salewangang Selasa (13/3/2018). RSUD Salewangang merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pertama yang melaunching program Gemas setelah sebelumnya beberapa waktu lalu Hatta juga melaunching program Gemas tingkat kabupaten. 

Tampak hadir dalam launching Gemas ini wakil bupati Maros HA Harmil Mattotorang, Sekretaris daerah Baharuddin, anggota DPRD Maros dari Komisi 3, jajaran kepala OPD serta dokter dan perawat RSUD Salewangang. 

Hatta mengatakan, program Gemas merupakan program prioritas. “Melalui program gemas ini diharapkan semua jenis pelayanan pada masing-masing OPD sampai ke tingkat kelurahan dan desa harus disertai dengan senyum. Khusus hari ini yang dicanangkan di RSUD Salewangan,” ujar Hatta. 

Hatta menambahkan, program yang diluncurkan di RSUD Salewangan ini mewajibkan dari cleaning service, manajemen, dokter, tenaga media dan non medis sampai direktur harus disertai dengan senyum. Ke depan, pihaknya kata Hatta akan menyiapkan standar operasional pelayanan, pengawasan dan kotak pengaduan. 

“Saya berharap program ini diterapkan dan dilaksanakan dengan baik. Jangan melihat status pasien apakah umum atau BPJS, jangan langsung ditanyai terkait administrasi tapi dahulukan melayani, hal-hal pelayanan seperti ini tidak boleh terulang lagi,” papar Hatta.

Dalam kesempatan ini, Hatta juga menyinggung tentang viral perseteruan antara dokter jaga IGD dengan anggota DPRD Maros. Menurutnya, semua pihak harus pandai menahan diri baik pihak anggota DPRD maupun dokter. Agar tidak terjadi keributan serupa. 

“Baik dokter dan DPRD sama-sama punya misi membangun rumah sakit menjadi lebih baik lagi dan itu harus dimulai dari pelayanan yang baik kepada masyarakat,” pungkas Hatta. 

Usai launching Gemas ini, Hatta membagikan pin melayani dengan senyum dan bersama seluruh jajaran yang hadir juga menandatangani pernyataan kesiapan melayani dengan senyum.