Selasa, 13 Maret 2018 11:31 WITA

DPRD Parepare Sikapi Keluhan Pita Penggaduh Zona Selamat Sekolah

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Andi Chaerul Fadli
DPRD Parepare Sikapi Keluhan Pita Penggaduh Zona Selamat Sekolah

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare meminta agar OPD terkait meninjau ulang pemasangan pita getar atau pita penggaduh di Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di depan SDN 56, Jalan Jenderal Sudirman, Parepare.

“Perlu dilakukan tinjauan ulang bagaimana juknis pemasangan pita getar di sana, sudah banyak keluhan dari masyarakat. Belum lagi kecelakaan lalu lintas yang kerap kali terjadi pasca pemasangan pita penggaduh di sana,” kata Sudirman Tansi, Anggota Komisi III DPRD Kota Parepare, Selasa (13/3/2018).

Legislator PBB ini mengurai dari keluhan masyarakat, pita pengaduh di ZOSS tersebut terlalu rapat dan terlalu tinggi.

“Belum lagi ada sebelum memasuki ZOSS, sudah ada dua titik pita penggaduh yang dipasang. Kita akan cari formulasinya sehingga dua kepentingan tidak saling bertabrakan, anak sekolah nyaman menyebarang dan pengguna jalan tidak terganggu,” jelas dia.

Pita penggaduh adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi lebih meningkatkan kewaspadaan menjelang suatu bahaya. Pita penggaduh berupa bagian jalan yang sengaja dibuat tidak rata dengan menempatkan pita-pita setebal 10 sampai 40 mm melintang jalan pada jarak yang berdekatan. 

Sehingga bila mobil yang melaluinya akan diingatkan oleh getaran dan suara yang ditimbulkan bila dilalui oleh ban kendaraan.

Pita penggaduh biasanya ditempatkan menjelang perlintasan sebidang, menjelang sekolah, menjelang pintu tol atau tempat-tempat yang berbahaya bila berjalan terlalu cepat.