Selasa, 13 Maret 2018 01:30 WITA

Berusaha Kabur, Polisi Ringkus Bos Travel Umrah di Barru

Editor: Aswad Syam
Berusaha Kabur, Polisi Ringkus Bos Travel Umrah di Barru
Bos PT Shafamarwah Mulia Utama, dr Lukman Jamaluddin, diperiksa penyidik Polres Barru, Snein malam (12/3/2018).

RAKYATKU.COM, BARRU - Setelah menerima laporan salah satu korban penipuan yang dilakukan travel umrah PT. Shafamarwah Mulia Utama milik dr. Lukman Jamaluddin, Polisi langsung bergerak cepat.

Kapolres Barru AKBP Burhaman, segera memerintahkan tim resmob untuk melacak keberadaan Lukman yang diduga berusaha kabur.

Kurang dari 24 jam, Lukman akhirnya ditangkap di salah satu Mushala di lingkungan Pekkae Kecamatan Tanete Rilau, usai melaksanakan salat asar, Senin (12/3/2018).

Di hadapan petugas, Lukman mengakui perbuatannya, telah menelantarkan sekitar 400 calon jemaahnya. Sementara  Ia sudah mengambil uang jemaah sebanyak Rp7 miliar lebih.

"Sebenarnya tahun ini ada sekitar 1000 lebih pendaftar jemaah umrah di PT Shafamarwa, 700 lebih sudah diberangkatkan dan 400 lebih sisanya gagal berangkat, karena kami sudah kehabisan uang," jelas Lukman saat diinterogasi petugas di Mapolres Barru, Senin (12/3/2018) malam.

Sementara Kapolres Barru AKBP Burhaman mengatakan, untuk sementara Lukman ditahan dulu di Mapolres Barru, guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"LJ akan kita tahan sambil melihat perkembangan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab LJ ini diduga telah melakukan penipuan dengan tidak memberangkatkan ratusan calon jemaah umrah-nya, yang tersebar di beberapa daerah di Sulsel dan luar Sulsel, seperti Barru, Parepare, Pangkep, dan Papua," katanya.

"Jika nantinya tidak tidak mampu mengembalikan uang jemaah, LJ akan akan dijerat dengan pasal penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman pidana lima tahun penjara," tambahnya.


Bos PT. Shafamarwah Mulia Utama, dr. Lukman Jamaluddin saat diinterogasi penyidik kepolisian.