Minggu, 11 Maret 2018 17:25 WITA

Tangani Abu Tours, Polda Sulsel Koordinasi Kemenag Pusat

Penulis: Himawan
Editor: Mays
Tangani Abu Tours, Polda Sulsel Koordinasi Kemenag Pusat
Pihak mitra Abu Tours yang menggelar konferensi pers beberapa 9 Maret lalu, terkait pemberangkatan jemaahnya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polda Sulsel masih terus melakukan upaya pengumpulan bukti, untuk mengungkap kasus pelanggaran Abu Tours Travel terhadap ribuan jemaah, yang hingga kini masih terbengkalai keberangkatannya. 

Teranyar, Polda Sulsel telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama RI di Jakarta. Itu diungkap Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani yang ditemui di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Minggu (11/3/2018).

"Direktur kriminal khusus sudah melakukan tatap dengan Departemen Agama di Jakarta untuk menentukan status Abu Tours ini. Karena sekarang, Abu Tours masih memberangkatkan jemaah," kata Dicky kepada Rakyatku.Com. 

Menurut Dicky, dengan biaya murah, Abu Tours sebenarnya tahu tidak bisa memberangkatkan calon jemaahnya. Hal ini diperolehnya usai penyidik Polda melakukan penyidikan kepada CEO Abu Tours, Muhammad Hamzah Mamba beberapa waktu lalu. Untuk itu, ia mengatakan sistem pengelolaan Abu Tours yang buruk terkesan disengaja. 

"Abu Tours sebenarnya sudah ngerti kalau dengan biaya Rp15 juta itu tidak bisa berangkat umrah. Jadi ada faktor kesengajaan, kalau ada faktor kesengajaan berarti ada pidana," imbuhnya.

loading...

Upaya penyidikan yang telah dilakukan Dirkrimsus Polda Sulsel ini, tampak tidak menghentikan langkah Abu Tours memberangkatkan jemaah. Saat ini, hingga 28 Maret mendatang Abu Tours akan tetap memberangkatkan jemaah, sesuai dengan isi maklumat yang telah dikeluarkannya. 

Tiap-tiap jemaah melakukan penambahan biaya dengan berbeda-beda. Namun mayoritas melakukan penambahan sebesar Rp15 juta untuk berangkat. Tercatat hingga saat ini, ada sekitar 3.200 jemaah yang telah menambah biaya perjalanan, agar bisa berangkat umrah. 

Tentu ini berkebalikan dengan puluhan ribuan jemaah yang memilih tidak berangkat, dan menuntut Abu Tours untuk mengembalikan biaya yang sudah diberikan. Namun Abu Tours, hingga kini, belum menanggapi tuntutan calon jemaah tersebut.

Loading...
Loading...